Minuman yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa dan Sahur

Meilikhah    •    10 Juni 2016 10:47 WIB
ramadan 2016
Minuman yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa dan Sahur
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: 60-70 persen tubuh kita tersusun dari air dan setiap pengurangan asupan air dapat memengaruhi sel-sel tubuh dan saraf untuk berfungsi dengan baik.

Selama berpuasa, tubuh manusia kekurangan cairan. Asupan cairan yang cukup mampu menghindarkan tubuh dari dehidrasi yang berefek pada sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan, hingga kulit kering.

Selain mencukupi asupan cairan, ada beberapa minuman yang memang tidak disarankan dikonsumsi saat waktu berbuka puasa dan sahur. Selain hanya akan menambah rasa haus, salah mengonsumsi minuman juga berakibat buruk bagi tubuh. 

Salah satunya adalah teh dan kopi. Hindari terlalu banyak mengonsumsi keduanya. Kandungan kafein di dalam dua minuman tersebut menyerap banyak air dan hanya meningkatkan rasa haus. Lebih dari itu, minuman atau makanan manis sangat mudah dicerna sehingga anda akan merasa lapar lebih cepat.

Selama jam malam, tahanlah keinginan untuk mengonsumsi minuman bersoda. Jika berkunjung ke kerabat atau teman cukup meminta segelas air saja. Minuman bersoda menyebabkan masalah pencernaan dan rasa kenyang yang dapat menurunkan kualitas pencernaan.

Penting bagi kita yang berpuasa untuk tetap memilih mengonsumsi air putih. Sayangnya, kebanyakan orang tidak cukup minum saat waktu berbuka dan sahur. Jika anda mengalami pusing mungkin anda dehidrasi. Buah-buahan segar, jus, dan sayuran dengan kandungan air tinggi bisa menjadi alternatif agar tubuh anda terhidrasi.

Selain itu, disarankan untuk mengonsumsi air kelapa. Air kelapa adalah sumber elektrolit dengan gula sederhana dan mineral yang mampu menggantikan cairan tubuh. Jauhkan tubuh anda dari makanan asin karena hanya akan menguras cairan tubuh.

Agar tak cepat haus selama berpuasa Ramadan, minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Jika anda berolahraga atau sering berada di luar ruangan dengan cuaca cukup terik, pastikan anda minum lebih banyak di waktu antara berbuka puasa dan sahur.

Mengonsumsi buah segar dan sayuran kaya air juga perlu. Buah dan sayur mampu tinggal di usus lebih lama dan mengurangi rasa haus. Disarankan minumlah jus buah segar ketimbang jus manis. 

Minum air es saat berbuka juga tidak disarankan. Sebab, minuman dingin menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Sebaiknya anda minum cairan dalam suhu kamar atau sedikit dingin. (Emirates247).


(MEL)