Ramadan

Alasan Gorengan dan Es tak Baik untuk Berbuka Puasa

   •    29 Mei 2017 10:32 WIB
ramadan 2017
Alasan Gorengan dan Es tak Baik untuk Berbuka Puasa
Ilustrasi. (Foto: MI/Immanuel Antonius)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mayoritas muslim di Indonesia mulai berbuka puasa dengan olahan makanan maupun minuman dingin yang dipadukan dengan camilan gorengan. Hal ini sudah menjadi kebiasaan setiap Ramadan tiba.

Padahal, mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan dan minuman dingin saat berbuka tidak baik bagi tubuh. Kandungan lemak pada camilan gorengan dan sensasi dingin dalam minuman dapat menimbulkan gangguan pada lambung.

"Saat buka puasa tentu lambung itu kosong, kalau dihantam dengan makanan yang berat-berat akan kaget dan itu bisa mempunyai efek negatif, sepertu perut kembung, terkadang mencret," ujar dokter spesialis penyakit dalam dr. Tadjoedin dalam program Ramadan, 28 Mei 2017.

Menurut dr. Tadjoedin, cara yang tepat saat berbuka puasa agar tidak mengganggu kinerja lambung adalah dengan mengonsumsi terlebih dulu air putih dan kurma. Selain memberi jeda pada lambung untuk kembali terbiasa pada asupan makanan, kurma juga salah satu makanan pembuka yang dianjurkan oleh Rasulullah saw.

"Setelah itu terserah, mau salat dulu atau langsung makan silakan. Tetapi ingat, kalau langsung makan jangan berlebihan," jelasnya.




(MEL)