Newsline

Pentingnya Cek Kendaraan Sebelum Mudik

   •    30 Mei 2017 17:02 WIB
tips mudik
Pentingnya Cek Kendaraan Sebelum Mudik
Ilustrasi mudik. (Foto: MI/Arya Manggala)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak hanya menyiapkan fisik yang prima, bagi pemudik yang memutuskan untuk pulang menuju kampung halaman dengan jalur darat, ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan. Terlebih jika mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Kepala Bengkel Astra Isuzu Bandung Agus Wibowo mengatakan komponen paling penting untuk diperhatikan dari kendaraan sebelum memutuskan untuk mudik di antaranya memastikan bahwa air pendingin dan oli mesin dalam kapasitas yang mencukupi.

Untuk mengetahui kapasitas oli mesin misalnya, ada alat khusus berbentuk stik di dalam kap mesin yang akan menunjukkan indikator apakah oli dalam mobil mencukupi atau tidak.

"Di stik itu ada batas minimum dan maksimum. Selama olinya ada di dua garis tersebut, kondisi oli mesinnya cukup, sudah penuh dan enggak ada masalah," ujar Agus, dalam Newsline, Selasa 30 Mei 2017.

Setelah mengecek kapasitas oli, hal kedua yang perlu diperhatikan adalah air pendingin atau air radiator. Air radiator bisa diukur dari tabung di dalam kap mesin.

Agus mengatakan tabung ini berfungsi sebagai alat kontrol apakah radiator dalam kondisi sempurna atau tidak atau apakah ada kebocoran atau tidak.

"Ketika kedua komponen tersebut dalam keadaan baik. Kendaraan dipastikan siap digunakan," jelas Agus.




(MEL)