Kiat KPAI agar Anak Nyaman saat Mudik

   •    11 Juni 2018 20:05 WIB
Mudik Lebaran 2018
Kiat KPAI agar Anak Nyaman saat Mudik
Petugas kepolisian membantu seorang penumpang anak masuk ke dalam kapal. Foto: Antara/Jojon.

Jakarta: Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto berbagi kiat agar anak tetap nyaman saat ikut mudik. Intinya, orangtua harus kreatif dan menyediakan mainan kesukaan anak selama perjalanan
 
"Pastikan anak disiapkan mainan secukupnya agar nyaman selama dalam perjalanan," kata Susanto dikutip dari Antara, Senin, 11 Juni 2018.
 
Dia menyarankan orangtua kreatif menceritakan keunggulan sejarah khas dari daerah yang dilewati saat mudik. Hal itu penting agar anak mendapatkan khazanah edukasi. Tidak kalah penting, kata dia, mengajak anak mengobrol atau menunjukkan pemandangan menarik.
 
"Jika anak mulai tidak nyaman, alihkan fokus ke hal-hal positif dan menghibur," kata dia.
 
Pastikan juga anak tidak main gadget secara berlebihan, agar tidak menimbulkan dampak negatif termasuk gelisah atau melawan jika anak dipisahkan dari gadgetnya.
 
Baca: Anak Kerap jadi Korban saat Mudik

Dari aspek nutrisi, Susanto mengajak orangtua memberi anak asupan makanan dan minuman yang sehat. Bila perlu diberi vitamin agar kesehatan anak tetap terjaga.
 
Selama proses mudik, kata dia, anak bisa kelelahan. Orangtua sebaiknya memastikan anak istirahat cukup agar tidak kelelahan.
 
"Jika anak terlihat lelah saat perjalanan, bisa memanfaatkan rest area untuk istirahat dan mendapatkan suasana baru," kata dia.
 
Dalam keadaan tertentu, Susanto mengatakan anak bisa saja rewel. "Jika anak menangis, hindari memarahi apalagi 'mengadili' anak, buat senyaman mungkin," katanya.
(FZN)