Aliran Listrik Wajib Dicabut Sebelum Mudik

Sunnaholomi Halakrispen    •    11 Juni 2018 16:54 WIB
Ramadan 2018
Aliran Listrik Wajib Dicabut Sebelum Mudik
Kebakaran. Ilustrasi: Medcom.id.

Jakarta: Masyarakat diminta mencabut aliran listrik di dalam rumah ketika hendak mudik. Bila dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan kebakaran yang sering terjadi menjelang Lebaran.

"Kita imbau kepada masyarakat pada saat Lebaran ini rumah ditinggalkan, semua aliran listriknya dicabut supaya antisipasi tidak terjadi kebakaran," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Tihadi, di Kantor BPBD Kota Tangerang, Senin, 11 Juni 2018.

Menurut dia penyebab bencana ini seringkali dianggap sebagai hal kecil dan tidak terlalu dipedulikan masyarakat. Masalah ini kerap kali ditemukan di kontrakan atau indekos.

Selain itu, kebakaran biasanya juga disebabkan hubungan arus pendek. Biasanya, bencana timbul karena penggunaan colokan yang tidak sesuai standar nasional Indonesia (SNI). 

Dia menambahkan tiang listrik di perumahan di Kota Tangerang tidak jarang mengalami kebakaran. Kebakaran itu disebabkan oleh korsleting listrik yang bermula dari arus pendek.

Baca: Damkar Tetap Berjaga Selama Cuti Lebaran

Meski mengaku selalu siap siaga, Tihadi mengharapkan tidak ada kebakaran di masa Lebaran 2018. Ia pun menyatakan seluruh pihak sebaiknya mengingatkan masyarakat untuk tidak segan-segan melaporkan apabila terjadi bencana, terutama kebakaran.

"Baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan itu diberikan informasi kepada masyarakat. Kemudian di pos mudik juga kita berikan nomor telepon pemadam yang bisa dihubungi, baik makonya (markas komando) maupun UPT-nya (unit pelaksana teknis)," pungkas dia.



(OGI)