Timun Suri, Buah Kaya Manfaat untuk Berbuka Puasa

Lukman Diah Sari    •    08 Juni 2016 16:24 WIB
ramadan
Timun Suri, Buah Kaya Manfaat untuk Berbuka Puasa
Ilustrasi. (ANT/Risky A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Buah yang biasa muncul saat Ramadan ini dikenal dengan nama timun suri. Buah ini menjadi primadona saat berbuka puasa. Daging buahnya yang berwarna putih dan bertekstur lembut, memanjakan lidah. Terlebih bila sudah dicampur dengan es dan sirop, es timun suri bisa melegakan tenggorokan saat berbuka puasa. 

Buah yang memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus ini, nyatanya memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, bisa menjadi buah wajib saat berbuka puasa selain kurma. 

Dilansir dari berbagai sumber, timun suri yang memiliki kulit buah tipis berwarna kuning punya banyak vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin A dan C bisa menyegarkan tubuh dan memulihkan stamina yang hilang usai berpuasa. Buah ini rupanya kaya serat larut, sehingga bisa menyehatkan organ pencernaan dan menghindarkan dari sembelit pun kanker usus. 

Tak sampai di situ, timun suri bisa menurunkan risiko kanker karena mengandung antioksidan alami. Meskipun rendah gula, timun suri bisa menjadi sumber energi lantaran mudah dicerna tubuh. Buah timun suri mengandung glukosa dan fluktosa yang baik untuk tubuh. 

Kandungan air dan serat yang tinggi, membuat timun sari jadi 'alat' detoksifikasi untuk tubuh. Racun-racun dalam tubuh akan keluar melalui urin atau feces, setelah mengkonsumsi timun suri. Selain itu, timun suri mengandung asam linoleat yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung.  

Buah timun suri pun sangat mudah diolah, cukup dikupas kulitnya kemudian dipotong-potong. Campur timun suri dengan air kelapa muda dan sirop atau susu kental manis. Agar makin segar, bisa ditambah es. Es timun suri siap melepas dahaga setelah berpuasa. 



(LDS)