Tips Praktis Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

Torie Natalova    •    06 Juni 2018 17:29 WIB
tips ramadan
Tips Praktis Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa
Menjaga kebersihan gigi dan mulut bisa membawa dampak kesehatan yang baik bagi tubuh. (Foto: Michael Dam/Unsplash.com)

Jakarta: Menjaga kebersihan gigi dan mulut bisa membawa dampak kesehatan yang baik bagi tubuh. Jika biasanya kita menggosok gigi saat mandi pagi, selama bulan puasa cobalah membiasakan untuk menggosok gigi setelah sahur.

"Selesai sahur jangan langsung tidur. Sebelum memulai kegiatan bersihkan gigi dan berkumur sehingga tidak mengganggu nantinya seperti bau mulut saat kita beraktivitas," kata pakar kesehatan gigi dan mulut Melanie Sadono.


(Menjaga kebersihan gigi dan mulut bisa membawa dampak kesehatan yang baik bagi tubuh. Jika biasanya kita menggosok gigi saat mandi pagi, selama bulan puasa cobalah membiasakan untuk menggosok gigi setelah sahur. Foto: Icons8 team/Unsplash.com)

(Baca juga: Keluhan Gangguan Pencernaan Saat Berpuasa)

Selain menggosok gigi, menurut Melanie penting untuk Anda berkumur dengan obat kumur dua kali sehari setelah sikat gigi dan sebelum tidur. Karena saat tidur, waktu yang cukup panjang bagi bakteri untuk berkembang biak. 

Sementara itu, selama menjalani puasa, asupan gizi harus seimbang antara protein, lemak dan karbohidrat. Namun, sebaiknya hindari makanan yang mengandung tinggi protein karena bisa menghasilkan bau pada mulut. Cobalah untuk konsumsi sayur dan buah lebih banyak saat sahur.

"Jika makan yang protein-protein sebaiknya setelah berbuka, setelah makan yang manis-manis sehingga protein tidak sempat pecah di mulut tapi dipecah di rongga perut kita," tambahnya.




(TIN)