Tekan Pengeluaran Saat Mudik

   •    23 Juni 2017 11:29 WIB
mudik lebaran 2017
Tekan Pengeluaran Saat Mudik
Ilustrasi pemudik yang menggunakan moda bus antarkota antarprovinsi. (Foto: MI/Bary Fathahilah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tradisi mudik setiap tahunnya tentu akan memakan banyak biaya. Tak hanya menyiapkan uang pecahan kecil untuk dibagi-bagikan saat sampai di kampung halaman, pengeluaran saat mudik pun kadang memakan banyak biaya.

Lalu, bagaimana menyiasati agar tak terlalu banyak pengeluaran saat perjalanan mudik?

"Jadi kalau kita sudah merencanakan cuti jauh-jauh hari, tentu kita bisa beli tiketnya jauh-jauh hari pula. Atau kalau mau melakukan perjalanan darat juga sudah mempersiapkan waktunya karena harga tiket itu salah satu yang memengaruhi pengeluaran," ujar perencana keuangan Metta Anggriani, dalam Metro Bisni, Jumat 23 Juni 2017.

Selain biaya tiket transportasi ataupun pemeliharaan dan bahan bakar bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, salah satu yang juga menguras kantong adalah pembelian oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman.

Metta mengatakan boleh membawa sedikit oleh-oleh asalkan sudah dibujetkan. Yang tak kalah penting, ada baiknya saat melakukan perjalanan mudik, pemudik sudah mempersiapkan perbekalan seperti makanan berupa camilan atau minum. Ini juga salah satu cara untuk menekan pengeluaran saat mudik. 

"Kalau mudik sudah terencana dengan baik, secara teknis maupun finansial, pulang ke kampung halaman pun akan aman dan nyaman," katanya.




(MEL)