Menjaga Kebugaran Selama Ramadan

Meilikhah    •    10 Juni 2016 11:59 WIB
ramadan 2016
Menjaga Kebugaran Selama Ramadan
Ilustrasi. (Foto:Nowloss)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjaga tubuh tetap bugar selama Ramadan sangat penting untuk kelancaran puasa di samping harus tetap bekerja. Melansir Al Arabiya, berikut beberapa tips agar tubuh tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Berolahraga setelah berbuka puasa
Berolahraga saat berpuasa dapat menjadi kontra-produktif dan menyebabkan hormon stres meningkat yang dapat mengubah suasana hati anda. Tingkat energi yang rendah juga memperlambat metabolisme anda dalam jangka panjang.

Penting untuk memastikan tubuh anda siap sebelum berolahraga. Cobalah untuk berlatih atau berolahraga setelah berbuka puasa. Dengan begitu anda akan mampu mempertahankan metabolisme tubuh tanpa menguras banyak energi.

Jangan memaksakan
Kurangi durasi olahraga rutin anda dengan berlatih tak lebih dari 45 menit. Jika anda latihan beban, kurangi jumlah pengulangan latihan dan perbanyak waktu untuk istirahat di sela-sela latihan.

Makan sedikit tapi sering
Banyak dari kita justru mengalami kenaikan berat badan saat Ramadan karena menyantap makanan secara berlebihan setelah seharian berpuasa. Makan makanan besar sekaligus dapat membebani sistem pencernaan. Akibatnya, anda mudah lelah dan penurunan gula darah.

Mulai saat ini biasakan makan dalam porsi kecil namun sering untuk menjaga metabolisme dan menstabilkan gula darah. Makanlah dalam porsi sedikit selama dua atau tiga jam sekali untuk memberikan kesempatan bagi tubuh tetap aktif.

Aktivitas di luar ruangan
Puasa menjadi tantangan sendiri saat bertepatan dengan musim panas. Sebagian orang memilih tetap diam di dalam ruangan untuk menghindari terik. Namun hal ini tak selalu baik.

Ketika kita memutuskan untuk berjalan-jalan keluar, jantung berdetak lebih cepat. Pasokan darah dan oksigen menjadi bukan hanya untuk otot tapi semua organ, termasuk otak. Kegiatan ini tak perlu dilakukan dengan banyak tenaga. Berjalan-jalan ringan bisa mengalihkan kita dari pikiran negatif dan membantu tubuh lebih bugar. 


(MEL)