Cari Mobkas untuk Mudik? Perhatikan Jurusnya

M. Bagus Rachmanto    •    16 Juni 2016 20:42 WIB
tips mudik
Cari Mobkas untuk Mudik? Perhatikan Jurusnya
Teliti beli mobil bekas untuk mudik. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Jelang lebaran penjualan mobil bekas (mobkas) rata-rata laris manis. Selain gara-gara tradisi mudik lebaran, juga ditunjang kemudahan dan cepatnya proses kredit kepemilikan mobil.

Namun dalam membeli mobil bekas juga harus memperhatikan beberapa hal, agar tak salah pilih. Jangan sampai terjebak mobil berkualitas buruk yang dibungkus menarik. Berikut ini rangkaian langkah ketika memutuskan hendak membeli mobil bekas.

Tentukan Mobil Incaran
Jangan datang ke showroom mobkas tanpa tahu mobil apa yang Anda cari. Tentukan dari awal mobil yang diinginkan, ketimbang terlihat bingung mencari mobil yang cocok dengan selera Anda.

Cek Harga Pasar
Cari informasi mengenai harga pasaran mobkas yang Anda incar. Tentunya supaya Anda tidak membeli mobkas dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran. Modal pengetahuan harga pasaran juga jadi senjata untuk menawar harga yang disodorkan.

Cek Dokumen Kendaraan
Periksa STNK dan BPKP kendaraan, apakah tertib membayar pajak kendaraan. Jangan lupakan buku servis, buku manual jika masih ada. Mobkas tahun muda umumnya masih tersimpan rapi di laci kabin.

Cek Fisik Kendaraan
Fisik kendaraan yang perlu diperiksa seperti warna cat, badan mobil tidak penyok dan bukan bekas tabrakan dengan melihat tulang-tulang, rangka atau chassis mobil. "Periksa lipatan-lipatan pintu mobil dan kap mesin. Apabila masih terdapat seal yang asli, itu menandakan kendaraan tidak pernah mengalami tabrakan parah," kata pemilik KIM Motor, Kim, di Sumarecon Bekasi Barat.

Kemudian singkap karpet kendaraan dan cium aroma kabin. Kendaraan yang pernah terendam banjir akan berkarat dan terdapat kotoran di celah-celah lipatan meskipun kendaraan tersebut telah dibawa ke salon mobil. Begitu pula dengan aroma mobil, jika tercium bau tak sedap, bisa saja karena pernah terendam banjir atau pemilik sebelumnya jorok.

Kondisi Mesin
Buka ruang mesin untuk melihat kondisi mesin. Perhatikan paking-paking head mesin, jika terdapat lelehan oli pertanda harus segera diganti. Cek asap knalpot, apakah masih normal atau berasap putih yang artinya ada kebocoran oli masuk ruang pembakaran.

Test Drive
Jika semuanya sudah oke, lakukan test drive mobil yang Anda incar. Untuk transmisi otomatis, rasakan perpindahan gigi yang masih halus atau sudah menyentak. Perhatikan pula kaki-kaki apakah masih senyap atau sudah timbul suara-suara aneh. Jika kemungkinkan lewati jalan yang agak rusak untuk memastikan kenyamanan.

Pilih Leasing
Sudah cocok, tentukan cara pembayaran. Jika cash Anda bisa memboyong mobil berserta surat-suratnya saat itu juga. Jika kredit, pastikan gunakan lembaga pembiayaan terpercaya.


(UDA)