Superfood yang Bikin Tubuh Tetap Berenergi Selama Puasa

Meilikhah    •    14 Juni 2016 11:13 WIB
ramadan 2016
Superfood yang Bikin Tubuh Tetap Berenergi Selama Puasa
Biji quinoa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Selama Ramadan, sahur merupakan bagian terpenting dari puasa untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari. Beberapa superfood berikut ini bisa dikonsumsi saat sahur untuk membantu tubuh melepaskan energi secara perlahan dan membuat kentang lebih lama.

1. Telur
Telur merupakan salah satu makanan paling bergizi dan sangat tinggi protei. Selain rasanya yang enak, telur juga mampu membuat kenyang lebih lama.

2. Alpukat
Buah sangat berkhasiat ini disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Selain bisa menambah tekstur dan rasa untuk hidangan lain, alpukat juga tinggi serat yang mudah dicerna tubuh dan memberikan kontribusi untuk penurunan berat badan dan gula darah. 

Manfaat lain dari alpukat adalah membuat perut kenyang lebih lama sehingga energi bisa dilepaskan secara perlahan sepanjang hari

3. Muffin bran
Bran atau kulit ari gandum tinggi serat dan serbaguna. Salah satu olahan yang bisa dibuat adalah kue muffin dengan bahan dasar tepung bran. Makanan ini berkontribusi untuk diet sehat dan mampu menunda lapar selama menjalankan puasa.

4. Selai kacang almond
Selai kacang almond yang kaya akan vitamin E mampu menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, dan tinggi nutrisi dengan rasa yang lezat. Selain manfaat kesehatan yang tinggi, selai kacang almond juga membuat perut kenyang lebih lama.

5. Kacang koro
Kacang koro diketahui rendah lemak dan sumber makanan sangat baik yang nutrisinya dibutuhkan tubuh. Rasanya yang enak bisa dinikmati bersama telur, keju, atau roti.

6. Yoghurt yunani 
Yoghurt yunani kaya akan protein. kandungan protein dan rendah karbohidrat ini mambantu perut kenyang lebih lama dan menjaga tubuh dari rasa haus.

7. Salmon asap
Kebaikan daging merah muda ini sudah menjadi bagian penting dari nutrisi manusia sejak zaman batu. Salmon merupakan bagian penting dari diet paleo sehat, karena merupakan sumber protein, vitamin dan mineral.

Salmon juga dikenal karena asam lemak omega-3, yang merupakan asam lemak esensial karena tubuh tidak bisa membuatnya sendiri. Salmon juga bermanfaat untuk kesehatan otak.

8. Quinoa
Quinoa adalah salah satu makanan sehat yang paling disukai di dunia, karena bebas gluten, tinggi protein dan memiliki semua asam amino esensial. Quinoa membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama, dan merupakan cara yang bagus untuk membantu Anda melalui hari-hari saat berpuasa. (Gulfnews)



(MEL)