Mudik Aman dan Nyaman Bersama Buah Hati

   •    16 Juni 2017 16:46 WIB
mudik lebaran 2017
Mudik Aman dan Nyaman Bersama Buah Hati
Ilustrasi. Mudik bersama anak menggunakan moda transportasi kereta api. (Foto: MI/Galih Pradipta)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tradisi mudik tak hanya akrab dengan orang dewasa. Anak-anak bahkan yang kategorinya masih bayi kadang ikut serta bersama orang tuanya mudik ke kampung halaman.

Agar kegiatan mudik lancar, aman dan nyaman untuk semua orang, ada baiknya orang tua yang memiliki anggota keluarga yang masih bayi agar mempersiapkan segala sesuatu sejak awal. Termasuk kemungkinan anak akan rewel selama perjalanan. 

Pemerhati gaya hidup dr. Grace Judio mengatakan ada baiknya orang tua mengamati kebiasaan anak terlebih dulu jauh hari sebelum memutuskan untuk mudik. Kapan dia makan, istirahat, dan tidur.

"Paling aman membawa anak kecil mudik adalah ketika jam tidur. Bisa malam, karena pas dengan jam tidur dan mengurangi stres ibunya. Karena kalau anak sudah nangis yang stres bukan hanya bayi, tapi ibu bahkan ayahnya yang menyetir juga," ujar Grace, dalam Selamat Pagi Indonesia, Jumat 16 Juni 2017. 

Selain mempertimbangkan jam tidur, orang tua juga perlu membawa pakaian yang paling nyaman untuk dipakai oleh anak. Piyama merupakan salah satu pilihannya.

Tak lupa, bawa serta selimut, bantal, ataupun boneka yang biasa digunakan anak saat tidur. Tujuannya agar anak merasa berada di rumah sehingga tak rewel dalam perjalanan. 

"Juga bawa hiburan buat anaknya. Misalnya buku atau mainan yang bisa membuat dia sibuk. Dan yang paling penting harus ada persediaan popok dan makanan yang cukup selama dalam perjalanan," jelasnya.




(MEL)