Jenis Olahraga yang Disarankan Saat Ramadan

Meilikhah    •    14 Juni 2016 09:40 WIB
ramadan 2016
Jenis Olahraga yang Disarankan Saat Ramadan
Ilustrasi. (Foto: onehealthphysio)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjaga tubuh tetap bugar selama Ramadan sangat diperlukan agar aktivitas berpuasa dan ibadah berjalan lancar. Selain menjaga asupan makanan, anda juga disarankan untuk tetap berolahraga. Berikut jenis olahraga yang disarankan selama Ramadan.

1. Latihan fisik
Latihan fisik adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kebugaran tubuh. Selama Ramadan anda bisa mencoba latihan fisik dengan sepak bola, bola voli, bola basket, atau tenis.

Latihan fisik memerlukan banyak energi, sehingga disarankan bagi anda untuk melakukannya beberapa jam usai berbuka puasa. Selama puasa, tingkat glikogen sudah berkurang dan bisa membuat anda kehilangan banyak energi jika memaksakan untuk latihan fisik.

2. Yoga
Yoga adalah bentuk besar dari latihan fisik dan mental untuk seluruh tubuh yang tak banyak memerlukan aktivitas berat jantung. Selama ramadan, yoga bisa dipraktikan sepanjang hari sebab tak memerlukan banyak energi. Namun disarankan untuk melakukannya setelah berbuka puasa, sebab, tubuh telah mendapat asupan energi dan terhidrasi.

3. Aerobik
Aerobik seperti zumba mampu meningkatkan ketahanan jantung selain membakar kalori. Bentuk latihan ini tergantung pada tingkat kebugaran seseorang. Bisa terasa berat bagi mereka yang belum terbiasa.

Latihan disarankan dilakukan setelah berbuka puasa, lantaran cenderung meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh. Memastikan tubuh terhidrasi sebelum melakukan latihan sangat penting.

4. Pilates
Pilates adalah cara yang bagus untuk mempertahankan kekuatan tubuh anda selama Ramadan. Sama dengan yoga, pilates tak secara signifikan meningkatkan denyut jantung atau suhu tubuh. Pilates bisa dipraktikan selama jam puasa. Dianjurkan berlatih pilates setelah berbuka selama seminggu sekali. (Gulfnews)


(MEL)