Karbohidrat yang Baik Saat Bulan Puasa

Sri Yanti Nainggolan    •    25 Mei 2018 19:04 WIB
tips ramadan
Karbohidrat yang Baik Saat Bulan Puasa
Tiga makronutisi yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak tentunya harus ada saat sahur dan buka puasa agar tubuh bisa tetap berfungsi dengan baik. (Foto: Adam Jaime/Unsplash.com)

Jakarta: Meskipun berpuasa, bukan berarti kebutuhan gizi dalam tubuh menjadi tak terpenuhi. Kita harus pintar memilih asupan saat sahur agar bisa menjalani puasa dengan tetap bugar sekaligus memenuhi kebutuhan tubuh.

Tiga makronutisi yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak tentunya harus ada saat sahur dan buka puasa agar tubuh bisa tetap berfungsi dengan baik.

Berbicara tentang karbohidrat, bagaimana pengaturan makanan yang mendominasi piring makan sebesar 50-65 persen tersebut?

(Baca juga: Inilah Alasan Tubuh Tidak Boleh Sampai Dehidrasi saat Berpuasa)


(Karbohidrat kompleks terdiri dari makanan pokok yang biasa dimakan sehari-hari seperti kacang-kacangan, kentang, beras dan sereal. Foto: Daria Nepriakhina/Unsplash.com)

"Sebaiknya saat sahur mengonsumsi karbohidrat kompleks karena penyerapannya ke tubuh lama dan sulit sehingga kenyang pun lebih lama," jelas dokter spesialis gizi klinik dr. Dian Permatasari, SpGK.

Karbohidrat kompleks terdiri dari makanan pokok yang biasa dimakan sehari-hari seperti kacang-kacangan, kentang, beras dan sereal.

Sementara, dr. Dian menyarankan untuk menikmati buka puasa dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti makanan olahan atau makanan yang rasanya manis. "Makanan karbohidrat sederhana mudah diserap sehingga cepat membuat kenyang," tandasnya.





(TIN)