tips ramadan

Konsumsi Buah Bikin Tak Terlalu Haus Saat Berpuasa

Sri Yanti Nainggolan    •    15 Mei 2018 19:14 WIB
tips ramadan
Konsumsi Buah Bikin Tak Terlalu Haus Saat Berpuasa
Saat puasa hindari makanan yang membuat cairan dalam tubuh cepat keluar, seperti cabai dan makanan sejenisnya. (Foto: /Unsplash.com)

Jakarta: Saat berpuasa, glukosa dalam tubuh mengalami penurunan drastis sehingga otak menjadi terganggu kerjanya. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

"Tak ada manfaat dalam berpuasa bagi otak, justru menurunkan fungsinya. Makanya kita harus menyediakan glukosa pada level tertentu agar otak bekerja sesuai yang diharapkan," ujar dr. Roeslan Yusni Hasan, Sp.Bs dari Mayapada Hospital Tangerang.

Lebih dalam, dokter yang biasa dipanggil dr. Ryu tersebut mengungkapkan bahwa tubuh tak boleh mengalami dehidrasi karena aliran darah terganggu sehingga pasokan oksigen pun terhambat. Padahal, dehidrasi adalah masalah kesehatan yang pasti dialami saat berpuasa.

(Baca juga: Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Saat Sahur di Bulan Puasa)

"Cobalah hindari kegiatan yang banyak mengeluarkan keringat atau memicu dehidrasi. Baiknya berada di ruangan ber-AC," sarannya.


(Konsumsi buah-buahan yang mampu menahan cairan lebih lama dalam tubuh, seperti pisang, melon, atau semangka agar bisa memanipulasi dehidrasi dalam tubuh. Foto: Brenda Godinez/Unsplash.com)

Namun, jika tak bisa menghindari, ia menyarankan untuk memanipulasi cairan dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mampu menahan cairan lebih lama dalam tubuh, seperti pisang, melon, atau semangka.

Kemudian, hindari makanan yang membuat cairan dalam tubuh cepat keluar, seperti cabai dan makanan sejenisnya. Selain itu, hindari minum kopi dan teh karena kedua minuman tersebut pemicu dehidrasi.

"Tak usah banyak-banyak minum saat sahur karena itu justru merangsang untuk kencing," tandasnya.




(TIN)