Kunci Puasa Sehat Ada pada Sahur

   •    29 Mei 2017 14:55 WIB
ramadan 2017
Kunci Puasa Sehat Ada pada Sahur
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Puasa dapat menyehatkan tubuh apabila dilaksanakan dengan benar. Namun tak sedikit dari mereka yang berpuasa merasakan lemas, lesu, dan tidak bertenaga sehingga menyebabkan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Bisa jadi, kondisi tubuh yang tidak fit saat berpuasa disebabkan karena kesalahan yang dilakukan ketika santap sahur. Salah satunya malas untuk bangun hingga mengonsumsi makanan yang tidak tepat saat sahur.

"Kuncinya memang di sahur. Harus ada seporsi nasi, lauk yang proteinnya bagus seperti ayam, ikan, daging, atau telur. Malah kalau bisa ada dua protein satu nabati, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan jangan lupa sayurnya," ujar Dokter Spesialis Gizi Zairida Noor dalam Metro I-Care, Minggu 28 Mei 2017.

Zairida mengungkapkan tidak masalah jika menu sahur didominasi oleh karbohidrat, asalkan kandungannya kompleks dalam arti makin banyak serat. Manfaat sahur dengan menu lengkap juga dapat membuat tubuh lebih prima dan lebih tahan lapar.

Selain menu sahur yang lengkap, Zairida menganjurkan agar tidak mengonsumsi makanan yang membuat cepat lapar atau cepat haus. Makanan tinggi natrium seperti kandungan garam melebihi batas wajar dan makanan yang diproses terlalu sering memiliki kandungan natrium yang tinggi.

"Natrium akan menguras cairan sehingga kita mudah dehidrasi dan seharian akan haus. Juga minuman seperti kopi, teh, soda, juga meningkatkan intensitas buang air kecil. Jadi memang minuman terbaik saat sahur adalah air putih," katanya.

Agar asupan cairan baik, Zairida mengatakan pengaturan seringnya minum air putih bisa diatur. Misalnya ketika bangun tidur paling tidak minum satu gelas sebelum makan sahur, dan selama atau setelah makan sahur ditambah satu gelas lagi.

Di waktu berbuka, utamakan minum satu gelas pertama untuk melepas dahaga. Jika memang menginginkan minuman lain seperti teh manis panas atau dingin, Zairida menyarankan agar tidak terlalu banyak.

"Saat berbuka sebelum makan bisa minum satu gelas. Di antara waktu malam itu bisa ditambah dengan gelas lain setelah salat, sebelum tidur, hingga menjelang sahur," jelasnya.




(MEL)