Tips & Trik

Optimalkan Waktu Perjalanan Selama Ramadan dengan Google Maps

Riandanu Madi Utomo    •    10 Juni 2016 13:56 WIB
ramadan 2016
Optimalkan Waktu Perjalanan Selama Ramadan dengan Google Maps
Google Maps memiliki banyak fungsi cerdas untu membantu Anda bernavigasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda sering merasa kesulitan mencari tempat berbuka puasa di sekitar Anda? Atau mungkin kesulitan mengetahui perkiraan waktu di jalan menuju rumah atau tempat berbuka puasa?

Jika Anda pengguna smartphone, kedua hal tersebut bisa diketahui dengan mudah melalui berbagai aplikasi navigasi, seperti halnya Google Maps.

Google Maps sendiri bukan hanya merupakan aplikasi untuk menampakkan peta. Ia juga bisa membantu Anda dalam berbagai hal lain, yang tentu saja masih berhubungan dengan navigasi. Berikut adalah tips pemanfaataan Google Maps yang berguna selama Ramadan:

1. Simpan lokasi penting

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memanfaatkan Google Maps lebih jauh adalah memastikan lokasi rumah dan tempat Anda bekerja. Tekan kolom pencarian dan pilih tambahkan lokasi rumah dan kantor tempat Anda bekerja.

Selain itu, jangan lupa untuk menyimpan berbagai tempat favorit Anda di Google Maps. Caranya tulis alamat tempat favorit Anda, tekan kotak bagian bawah untuk menampilkan deskripsi lengkap dari tempat tersebut dan tekan ikon bintang. Semua tempat yang tersimpan bisa diakses dengan cepat melalui menu "Your Place" yang ada di menu utama.



2. Cek berbagai opsi perjalanan

Navigasi di kota besar yang rawan kemacetan seperti Jakarta kadang memang menyulitkan. Meski demikian, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar Anda bisa mendapatkan rute yang lebih cepat. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menghindari jalan tol dan jalur cepat. 

Untuk melakukannya, masuk ke menu utama setelah Anda menetapkan rute ke tempat tujuan lalu pilih "Route Options". Di sana Anda bisa pilih untuk menghindari jalan tol, serta jalur cepat. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memilih berbagai opsi angkutan umum mulai dari kereta hingga taksi. Google bahkan memiliki perkiraan biaya untuk penggunaan layanan Uber di Google Maps.

3. Manfaatkan pencarian sekitar

Bingung mencari tempat berbuka yang ada di sekitar Anda? Google Map memiliki fitur bernama "Explore Nearby" yang bisa menampilkan berbagai lokasi restoran yang ada di sekitar Anda. Tidak hanya itu, Google Maps juga akan menampilkan rating dan informasi lain dari restoran di sekitar Anda.

Melalui fitur ini, Anda juga bisa mengubah waktu ke sore atau malam hari. Fitur tersebut akan menunjukkan berbagai opsi untuk tempat-tempat yang hanya buka di waktu tertentu saja.


(MMI)