Tips Mudik Aman

Pasang Roofbox Buat Mudik? Sesuaikan Panjang Mobil

Ainto Harry Budiawan    •    15 Juni 2016 14:18 WIB
tips mudik
Pasang Roofbox Buat Mudik? Sesuaikan Panjang Mobil
Penggunaan roofbox yang tepat, juga dongkrak tampilan mobil. Wikimedia

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika mudik lebaran biasanya pemudik membawa penumpang dan barang bawaan cukup banyak. Bagasi pun jadi tak muat lagi. Tumpukan barang di atap mobil pun jadi pemandangan lumrah.

Untuk mengamankan posisi barang di atas mobil, cara paling mudah dan murah adalah menyelimutinya dengan terpal plastik dan mengikatnya kuat-kuat. Tapi cara ini sebetulnya darurat dan hanya tepat untuk perjalanan jarak pendek.

Sangat tidak disarankan untuk mudik lebaran sebab dapat mengundang bahaya. Misalnya ketika mengerem mendadak barang-barang terlontar ke depan akibat gaya lembam. Melorot dari atap ketika mobil sedang terjebak kemacetan di tanjakan. Bahkan berjatuhan gara-gara simpul ikatan mengendur atau getas talinya.

Cara yang lebih aman dan enak dilihat adalah menggunakan roofbox. Tapi memilih roofbox juga tak bisa asal besar dan keren modelnya. "Sesuaikan dengan dimensi mobil, jangan mobilnya kecil pakai roofbox besar, malah jadi seperti dua mobil ditumpuk," beber Founder Rifat Drive Lab, Rifat Sungkar kepada Metrotvnews.com.

Hal tersebut juga erat kaitannya dengan kekuatan pilar mobil yang dijadikan dudukan roofbox. "Setiap pilar dari masing-masing jenis mobil kekuatannya berbeda-beda, jadi sesuaikan ukurannya. Maksimal panjang roofbox setengah bodi mobil deh," lanjutnya.

Memang Anda harus merogoh kantong lebih dalam, karena rata-rata roofbox dijual dengan harga termurah Rp 2-3 jutaan. Bahkan ada yang lebih dari Rp10 juta tergantung merek, kualitas dan ukurannya. Tapi saat ini ada juga jasa penyewaan roofbox.


(UDA)