Puasa Harus Tetap Olahraga

   •    28 Mei 2018 17:21 WIB
Ramadan 2018
Puasa Harus Tetap Olahraga
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Berpuasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Selain menjalankan aktivitas harian, yang juga tak kalah penting adalah membuat tubuh tetap aktif dengan berolahraga.

"Kalau sebelum ramadan kita rajin olahraga saat puasa harus tetap demikian. Tapi memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita melakukan olahraga selama bulan puasa," ujar Spesialis Kedokteran Olahraga Andi Kurniawan, dalam Metro I-Care, Minggu, 27 Mei 2018.

Andi mengungkapkan berolahraga selama berpuasa penting dilakukan untuk menjaga stamina. Saat puasa, tubuh tak mendapat asupan makanan dan minuman selama belasan jam, dengan berolahraga membantu tubuh tetap bugar dalam menjalankan aktvitas sehari-hari.

Selama bulan puasa, olahraga disarankan untuk dilakukan menjelang waktu berbuka. Dengan begitu, cairan tubuh yang hilang selama berolahraga dan rasa lelah bisa langsung diganti dengan berbuka puasa.

"Tapi pastikan ada jarak waktu antara berbuka puasa dan olahraga," katanya.

Sepanjang ramadan, durasi waktu olahraga maksimal satu jam dan tidak direkomendasikan untuk mengombinasikan gerakan. Tentukan gerakan yang akan dilakukan; angkat beban atau latihan kardio misalnya.

"Paling penting ketika olahraga 'dengarkan tubuhmu'. Kalau ada keluhan lelah atau segala sesuatu yang berlebihan harus cepat istirahat. Setelah latihan segera ganti cairan dan kalori yang hilang dengan makanan atau minuman sehat," pungkasnya.




(MEL)