Siap Jadi Koki Andal Dadakan saat Ramadan

   •    18 Mei 2018 18:45 WIB
Ramadan 2018
Siap Jadi Koki Andal Dadakan saat Ramadan
Aktor Nicky Tirta. Foto: Humas Lazada

Jakarta:  Memasuki bulan Ramadan, mayoritas umat Muslim sibuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan bulan penuh berkah ini.  Tak terkecuali menjadi koki dadakan di keluarga, dengan menyajikan menu untuk sahur dan berbuka puasa.

Aktor Nicky Tirta mengatakan, setiap individu di dalam keluarga sangat mungkin dituntut untuk menjadi koki andal dadakan saat bulan puasa.  Nicky melihat masyarakat Indonesia semakin hari juga semakin banyak mencoba memulai gaya hidup sehat dengan membuat masakan buatan sendiri.

Tren ini juga yang melahirkan banyak koki rumahan dadakan yang berbakat.  "Di samping itu juga tumbuh kesadaran akan peralatan dapur berkualitas untuk menunjang kegiatan memasak secara umum," ujar Nicky dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat, 18 Mei 2018.
 
Menurut Nicky, seorang koki pemula biasanya akan memulai membeli berbagai peralatan dapur yang terasa penting, namun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. "Saya senang sekali mendapatkan kesempatan untuk membagikan tips sederhana agar paham cara mudah menyajikan makanan dengan layak, serta rekomendasi peralatan apa saja yang efektif untuk dibeli, agar isi dapur tidak penuh dengan perkakas," lanjutnya.

Untuk menjadi koki rumahan yang andal  kata Nicky, bisa dimulai dengan memastikan bumbu dan penunjang peralatan dapur yang minimalis namun memiliki fungsi ganda sehingga tidak membuat dapur penuh sesak dengan perkakas.

Pada kesempatan kali ini, kata Nicky, dirinya biasa mengandalkan Lazada sebagai destinasi belanja online nomor 1 dan marketplace terlengkap di Indonesia dan Asia Tenggara.  Sebagai celebrity chef ia juga ingin berbagi rahasia peralatan dapur andalannya, 

"Produk peralatan dapur akan membuat isi dapur lebih ringkas dan kita pun bisa mendadak menjadi koki rumahan andal saat puasa," kata Nicky.

Nicky menyebutkan, selain peralatan masak, seorang koki harus memastikan bahan makanan yang akan dimasaknya selalu segar.  Sebab selain teknik memasak, kesegaran bahan sayuran, daging, dan buah menjadi aspek penting.

"Bahan yang segar dapat menghasilkan mutu masakan yang baik pula," kata Nicky.

Beberapa makanan dapat disimpan dalam suhu ruangan, tetapi beberapa bahan lainnya, seperti daging dan sayur membutuhkan tempat penyimpanan andal seperti lemari es.

Nicky juga mengatakan agar menjaga kesegaran dan kebersihan beras. Banyak faktor yang mempengaruhi mutu beras yang dikonsumsi di rumah. Salah satunya adalah kebersihan lingkungan sekitar di mana beras tersebut disimpan.

Seperti yang kita tahu, mayoritas masyarakat Indonesia adalah konsumen nasi sebagai sumber karbohidrat utama. Nasi dikonsumsi pada saat sarapan, makan siang, hingga makan malam. "Mutu beras-beras pilihan para petani Indonesia perlu dijaga dari kutu-kutu beras.  Jadi harus di simpan di tempat khusus," ujar Dia.

Apapun kebutuhan untuk menciptakan penganan rumahan yang lezat dan sehat selama puasa, Nicky mengatakan, Lazada siap mendukung dengan rangkaian koleksi produk berkualitas dari brand kenamaan yang dapat membuat proses memasak di rumah menjadi lebih menyenangkan dan efisien.  Lazada bahkan akan hadir kembali dengan promo Ramadan bertajuk PUASALE mulai tanggal 25-28 Mei dengan potongan harga hingga 90 %.



 


(CEU)