Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Puasa

Meilikhah    •    15 Juni 2016 09:22 WIB
ramadan 2016
Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Puasa
Ilustrasi. (greenblender.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjaga kulit Anda sehat sama pentingnya dengan menjaga pola makan selama Ramadan. Tips berikut ini akan membantu anda mendetoksifikasi kulit dan membuatnya tetap sehat selama puasa.

1. Hidrasi
Minum cukup air bermanfaat bagi kulit Anda. Minum setidaknya delapan gelas antara waktu berbuka puasa dan sahur. Hindari minum minuman berkarbonasi atau bergula seperti soda dan jus, serta kafein.
Jika Anda tidak suka air putih, Anda dapat menambahkan buah-buahan. Manfaatnya, selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, infused water juga membantu mengeluarkan racun, membuat Anda tetap terhidrasi, dan bebas kalori.

Kombinasi yang bagus untuk menambahkan bahan infus water untuk air minum Anda di antaranya:

- Lemon, mentimun, mint
- Jeruk, jahe, stroberi,
- Blueberry, raspberry, mint, jeruk nipis
- Jeruk nipis, jeruk, lemon
- Nanas, mint, jeruk

2. Jangan terlalu sering mencuci wajah
Selama Ramadan, kemungkinan kulit Anda mengalami dehidrasi karena puasa. Hal tersebut berdampak lebih buruk jika anda sering mencuci wajah. Jika anda ingin mendinginkan kulit, disarankan untuk menyemprotkan sedikit air ke wajah.
 
3. Sunblock
Selama Ramadan di musim panas, penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Terapkan krim tabir surya, setidaknya yang memiliki SPF 30. Sunblock terbukti melindungi kulit tanpa menyumbat pori-pori.
 
4. Makan makanan yang membuat kulit bersinar
Jika ingin kulit tetap tampak sehat saat puasa, tingkatkan asupan makanan yang kaya akan antioksidan saat berbuka dan sahur. Contoh makanan yang kaya antioksidan, di antaranya berry, kacang almond, cokelat hitam, dan buah delima. Beberapa jenis buah-buahan juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa.

5. Rawat kulit anda
Gunakan masker sekali atau dua kali seminggu. Masker dapat membantu mengangkat kotoran yang menyumbat kulit, membuatnya halus dan tampak bercahaya.
 
6. Pelembab
Setelah melakukan rutinitas harian, penting untuk tetap menjaga kelembaban kulit, salah satunya dengan mengaplikasikan pelembab ke wajah. Untuk jenis kulit kering, gunakan krim yang memiliki kandungan sedikit minyak, sementara untuk kulit berminyak, gunakan pelembab berbasis gel yang tinggi hidrasi.
 
7. Suplemen
Setelah mengaplikasikan seluruh tips tapi kulit masih terasa seperti kekurangan gizi atau vitamin tertentu, mengonsumsi suplemen kulit mengandung vitamin dan antioksidan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C, E, A, selenium, dan zinc. Minum suplemen saat berbuka dan sahur. (Al Arabiya)


(MEL)