Mengatasi Stres di Tempat Kerja Selama Puasa

   •    17 Mei 2018 15:20 WIB
Ramadan 2018
Mengatasi Stres di Tempat Kerja Selama Puasa
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Ramadan baru saja dimulai. Bagi sebagian orang salah satu cara menjaga tubuh agar tak lelah berlebihan saat puasa adalah mengurangi aktivitas. Namun ternyata itu salah.

Faktanya, stres justru lebih mudah menyerang saat berpuasa. Terlebih bagi para pekerja yang berpuasa namun dituntut untuk tetap produktif dalam bekerja.

Profesional Kesehatan dan Kebugaran Rob Donker seperti dilansir Khaleejtimes mengatakan duduk berjam-jam saat bekerja dalam keadaan berpuasa tak hanya membuat pikiran tertekan namun juga ikut berdampak pada tubuh.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi stres ternyata hanya dengan berjalan-jalan setiap 30 menit sekali. Selain memotivasi tubuh untuk bergerak, aktivitas kecil ini membantu tubuh untuk tetap fokus dan waspada.

"Ketika anda duduk, anda tidak dalam keadaan yang alami. Tubuh tidak dirancang untuk duduk dalam waktu yang lama karena di dalamnya terdapat lebih dari 600 otot dan lebih dari 300 sendi yang harus digerakkan," ujarnya, Kamis, 17 Mei 2018.

Donker juga mengungkap, duduk dalam waktu lama membuat sistem pencernaan menjadi pasif. Hal ini tentu akan memberikan kontribusi kurang baik apalagi jika menu sahur yang disantap tergolong 'berat'. 

Selain itu posisi duduk juga mmebuat tubuh tak maksimal mengembangkan paru-paru secara penuh, artinya anda mungkin akan kekurangan napas. 

"Tubuh mungkin hanya bernapas sekitar 60-70 persen dari kapasitas yang mampu diraih.  Ini akan berimbas pada suasana hati dan kewaspadaan sehingga peluang stres menjadi lebih besar," kata dia. 

Sementara itu Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Internasional Bareen, Dubai, Shaimaa Mashal mengatakan konsumsi makanan sehat dan bergizi saat berbuka dan sahur berdampak signifikan terhadap seberapa besar tekanan yang bisa dirasakan seseorang pada keesokan harinya.

"Menambah asupan air putih dari waktu berbuka ke sahur akan membantu menjaga suasana hati yang lebih baik di tempat bekerja. Jika Anda mengikuti diet sehat dan memperbanyak air minum, anda akan merasa lebih tenang di tempat kerja. Karena kadar hormon dalam tubuh akan tetap berada pada kisaran normal," jelas dia.




(MEL)