Publik Disarankan tak Bawa Anak Mudik dengan Motor

Yogi Bayu Aji    •    19 Juni 2016 10:20 WIB
tips mudik
Publik Disarankan tak Bawa Anak Mudik dengan Motor
Pemudik yang membawa anak meraka yang masih jelita mengantri untuk menaiki kapal roro untuk menyebrang ke Pelabuhan Bakau heuni di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (15/7).MI/ANGGA YUNIAR

Metrotvnews.com, Jakarta: Giwo Rubianto Wiyogo, pemerhati perempuan dan anak meminta para orang tua tidak membawa anak mudik menggunakan motor. Dia menyarankan orang tua menggunakan alat transportasi lain bila ingin membawa anak saat mudik.

"Orang tua jangan membawa anak mudik dengan sepeda motor, apalagi untuk perjalanan jauh karena sangat melelahkan bagi anak," ujar Giwo di Jakarta, Sabtu (19/6/2016).

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) ini menjelaskan, anak akan terpapar debu sepanjang jalan dan membahayakan psikologinya. Di lain pihak, bila anak ikut mudik menggunakan angkutan umum, dia menilai sebaiknya anak diusahakan tidak ikut berdesak-desakan.

Orang tua, jelas dia, menyiapkan mainan yang disukai anak untuk menemaninya sepanjang perjalanan. Hal itu bertujuan agar anak tidak merasa bosan selama perjalanan.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dia menilai orang tua harus memastikan mobil dalam kondisi baik. Periksa kondisi mobil seperti mesin, oli mesin, serta ban cadangan. Periksa juga perlengkapan dalam mobil.

"Sebagai edukasi, jelaskan pada anak ciri khas mengenai kota-kota yang dilalui. Selain bisa menambah pengetahuan anak, cara ini juga bisa membuang rasa jenuh anak," kata dia.

Dia juga meminta para orang tua sering beristirahat di tempat-tempat yang telah disediakan. "Persiapkan makanan secukupnya, hindari membeli makanan di jalan yang berpotensi membahayakan kesehatan," imbuh dia.

Giwo berharap para orang tua bisa mewujudkan mudik ramah anak pada musim mudik kali ini. Pasalnya, dari tahun ke tahun tradisi mudik di Indonesia syarat dengan potensi kecelakaan dan tidak ramah anak. (Antara)



(OGI)