Pemudik Diimbau Kurangi Bawa Uang Tunai

Andi Aan Pranata    •    08 Juni 2017 20:00 WIB
mudik lebaran 2017
Pemudik Diimbau Kurangi Bawa Uang Tunai
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Makassar: Masyarakat diminta tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat mudik Lebaran. Hal tersebut untuk menghindarkan diri dari aksi kejahatan yang cenderung marak jelang Hari Raya.

"Demi keamanan dan kemudahan, sebaiknya bawa uang tunai secukupnya," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan Bambang Kusmiarso di Makassar, Sulsel, Kamis 8 Juni 2017.

Bambang mengatakan, seharusnya orang sekarang tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar. Sebab, perbankan menyediakan berbagai macam sistem layanan non-tunai sebagai pengganti uang tunai.

"Yang paling simpel adalah uangnya simpan di bank. Nanti ditarik melalui ATM saat hendak berbelanja. ATM juga sudah tersebar di mana-mana," ujarnya.

Menurut Bambang, dari tahun ke tahun kebutuhan masyarakat akan uang tunai saat Ramadan cenderung meningkat. Ramadan tahun ini, BI Sulsel menyiapkan pasokan uang baru senilai Rp5,9 triliun. Uang tersebut akan disebar melalui perbankan dan layanan penukaran uang di 24 kabupaten/kota.

Jelang Idul Fitri, kata Bambang, biasanya permintaan uang tunai juga meningkat berkat adanya tradisi salam tempel di masyarakat. Untuk mengantisipasi, BI Sulsel memperluas layanan penukaran uang di semua daerah. Penukaran uang dibuka pada 5-22 Juni 2017.

"Kita juga kerahkan kas keliling agar peredaran uang di masyarakat lebih merata. Kas ini beroperasi tiga kali dalam seminggu," ujar Bambang.


(NIN)