Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Ramadan

Lukman Diah Sari    •    08 Juni 2016 13:50 WIB
ramadan
Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Ramadan
Ilustrasi berbuka puasa. (ANT/Moh Asim)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, tentu harus ditunjang dengan makanan sehat agar tubuh tetap fit. Lantas, makanan apa saja yang harus dikonsumsi selama berpuasa. 

Dilansir dari Gulfnews, berikut adalah makanan wajib dikonsumsi selama Ramadan. 

Buah dan Sayur. Mengkonsumsi buah segar saat berbuka puasa, adalah cara yang bagus untuk menaikan kadar gula dalam darah secara bertahap. Buah-buahan segar membantu tubuh mengisi elekrolit yang hilang, setelah sehari berpuasa. Selain itu, karbohidrat komplek dan serat yang dikandung membantu meningkatkan pencernaan. Sementara itu, sayuran mengandung sedikit kalori dan tinggi serat. Mereka memberikan ekstra nutrisi untuk tubuh dan membantu pencernaan.

Kurma. Buah kurma tinggi vitamin A, B6, potasium, sodium, besi, dan magnesium. Dengan mengkonsumsi kurma saat berbuka, bisa mengganti sejumlah nutrisi yang hilang. Gula yang terkandng dalam kurma memberikan energi untuk tubuh. Bagian terbaik dari kurma adalah, dia bisa menjadi obat pencahar dan mengurangi sembelit. 

Kacang-kacangan dan biji-bijian. Kelompok ini mengandung lemak baik. Selain itu juga membantu melepaskan kadar gula di kurma. 

Daging, Ayam, dan Ikan. Protein yang terdapat di daging, ayam, dan ikan membuat rasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Kebanyakan orang saat berpuasa kehilangan masa otot, tapi dengan mengkonsumsi daging, ayam, dan ikan, bisa membantu untuk mengurangi hilangnya masa otot. 

Roti. Untuk konsumsi, hindari roti putih. Karena roti putih mengandung lebih banyak gula dan bisa meningkatkan rasa lapar. 

Air. Mengkonsumsi banyak air baik untuk tubuh selama berpuasa. Dirasankan, meminum satu liter air campuran lemon dan dua liter air biasa. Air lemon memberikan dampak positif pada hati, dan mencukupi kebutuhan vitamin C . Hindari minuman yang mengandun kafein, karena akan meningkatkan keinginan buang air kecil dan menyebabkan hilangnya garam mineral dalam tubuh. 


(LDS)