Tips & Trik

Tips Berfoto Saat Liburan Lebaran Agar terlihat Lebih Menarik

Riandanu Madi Utomo    •    21 Juni 2016 18:57 WIB
ramadan 2016
Tips Berfoto Saat Liburan Lebaran Agar terlihat Lebih Menarik
Foto liburan yang bagus akan membuat momen tersebut abadi

Metrotvnews.com, Jakarta: Lebaran tinggal menghitung hari. Bagi umat muslim di Indonesia, momen lebaran tidak hanya hadir sebagai momen untuk beribadah, namun juga merupakan momen untuk berkumpul bersama keluarga. Tentu saja, foto menjadi sarana yang tidak terpisahkan untuk mengabadikan momen tersebut.

Sayangnya, kadang foto yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan kita. Misal saja memiliki kontras cahaya yang buruk atau foto tidak terlihat cantik. Untuk mengatasi hal tersebut berikut adalah tips mudah mengambil foto agar terlihat lebih menarik:

1. Pelajari fitur kamera

Setiap kamera memiliki fitur dan keunggulan masing-masing. Kamera DSLR akan berbeda dengan kamera mirrorless serta kamera saku, meski ketiganya merupakan kamera digital. Beberapa kamera memiliki tingkatan ISO, dan memiliki karakteristik sensor yang berbeda.



Selain itu, setiap kamera juga memiliki lensa yang berbeda-beda, terutama untuk DSLR dan mirrorless yang lensanya bisa diganti. Jika bingung, Anda bisa gunakan lensa kit (biasanya 18-55mm) dan mengatur pengambilan gambar di mode auto. Namun, Anda perlu memperhatikan hal selanjutnya agar hasil foto menjadi maksimal.

2. Perhatikan komposisi

Komposisi memang terdengar sepele. Namun, jika dilakukan dengan benar akan merubah foto menjadi jauh lebih menarik. Untuk belajar komposisi, sebaiknya Anda ikuti "rule of third" atau aturan sepertiga. Bayangkan layar kamera terbagi menjadi tiga secara vertikal dan horizontal. Selanjutnya gunakan proporsi tersebut untuk menempatkan objek.



Kebanyakan kamera termasuk kamera ponsel telah memiliki fitur untuk menampilkan garis rule of third tersebut. Cukup lakukan pengaturan di menu yang terdapat di tiap kamera.

3. Perhatikan pencahayaan

Cahaya merupakan salah satu elemen kunci pada pengambilan foto. Pencahayaan yang buruk akan membuat foto Anda terlihat tidak menarik. Bahkan di beberapa kasus foto akan terlihat gelap, padahal diambil saat dalam keadaan terang.



Jangan mengambil foto dengan latar belakang sumber cahaya karena akan membuat objek terlihat lebih gelap. Sebaiknya, arah foto disejajarkan dengan arah cahaya. Hindari juga menggunakan lampu flash, terutama ketika kondisi pencahayaan sudah cukup terang.

4. Gunakan burst mode

Burst mode atau continous shoot adalah mode pengambilan gambar secara terus menerus selama pengguna kamera menekan tombol shutter untuk mengambil gambar. Keuntungan menggunakan mode pengambilan gambar ini adalah Anda bisa mendapatkan sebuah momen yang pas ketika mengambil gambar.



5. Mengambil foto dengan ponsel? Perhatikan hal ekstra berikut ini

Ponsel telah menjadi penggantin kamera saku belakangan ini. Selain pengoperasiannya yang mudah, ponsel juga sangat portabel dan memiliki benyak fingsi, termasuk bisa membagikan gambar langsung ke jejaring sosial. Namun, sebelum mengambil gambar dengan ponsel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari aplikasi yang digunakan, hingga teknik pengambilan gambarnya.

Semuanya bisa Anda dapatkan di artikel berikut ini:
 


(MMI)