Tips Praktis Siapkan Lauk untuk Sahur

Yatin Suleha    •    28 Mei 2018 17:43 WIB
tips ramadan
Tips Praktis Siapkan Lauk untuk Sahur
Jika Anda selalu menyukai sayuran dalam menu Anda, ada baiknya Anda memotong sayuran terlebih dahulu agar ketika memasak bisa lebih mudah dan cepat. (Foto: Jez Timms/Unsplash.com)

Jakarta: Bangun di tengah malam dan memasak masakan sahur memang sedikit tricky. Terkadang jika Anda malas, bisa jadi makanan yang Anda siapkan hanya ceplok telur melulu. Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini.

Di sisi lainnya delivery makanan terus juga bisa lebih mahal dibandingkan jika Anda membuatnya sendiri. Cara di bawah ini bisa Anda lakukan untuk bisa menyiapkan makan sahur dengan waktu singkat.

1. Buat rencana
Akan lebih mudah jika Anda memiliki rencana menu lengkap dengan bahan-bahan yang dibutuhkan. Belanja makan untuk satu minggu dan masukkan ke dalam beragam jenis makanan yang sama seperti produk susu, aneka bumbu praktis, bahan segar, makanan beku, dan lainnya.

(Baca juga: Cara Belanja Online Cermat Di Bulan Ramadan)


(Akan lebih mudah jika Anda memiliki rencana menu lengkap dengan bahan-bahan yang dibutuhkan. Foto: Raphael Nogueira/Unsplash.com)

2. Lakukan masak setengah matang
Jika Anda ingin membuat makanan cepat seperti pasta bahan penambah lainnya seperti sayuran bisa Anda masak setengah matang, tiriskan, lalu simpan dalam wadah berperekat ke dalam lemari es. Dengan cara ini ketika Anda memasak pasta misalnya, Anda tinggal memasak sebentar sayuran yang telah Anda bekukan. 

3. Alat yang memadai
Memasak memang sedikit menghabiskan waktu Anda, namun jika Anda mempunyai alat masakan yang memadai, ini bisa mempermudah waktu memasak Anda.

Membeli alat masak yang canggih mungkin membuat dompet Anda menipis, namun pikirkan tentang hal ini merupakan investasi Anda juga sekaligus menghemat waktu.

4. Potong sayuran 
Jika Anda selalu menyukai sayuran dalam menu Anda, ada baiknya Anda memotong sayuran terlebih dahulu. Isi salad misalnya, taco, burito, atau sekedar lalapan bisa memakan waktu lama jika Anda memotong-motongnya saat ingin dimakan.

Cuci bersih, potong, simpan dalam lemari es sesuai jenis sayurannya masing-masing. Sisanya ketika sahur Anda tinggal mengolahnya sedikit agar tak kesiangan ketika bersahur.





(TIN)