Perlukah Mengonsumsi Suplemen Sebelum Mudik?

   •    16 Juni 2017 13:51 WIB
mudik lebaran 2017
Perlukah Mengonsumsi Suplemen Sebelum Mudik?
Ilustrasi. Sejumlah calon penumpang bersiap menaiki kereta api Gaya Baru Malam di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. (Foto: MI/Arya Manggala)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perjalanan mudik selama berjam-jam menuntut tubuh agar selalu dalam kondisi prima. Tak jarang banyak pemudik yang mengonsumsi vitamin, suplemen atau penambah tenaga agar tak mudah lelah.

Lalu, sebenarnya perlukah mengonsumsi suplemen sebelum mudik?

"Kalau pola makan dan asupan nutrisinya dijaga dengan baik, tentu kita tidak butuh suplemen. Tapi kalau enggak yakin, atau kalau merokok, hamil atau dalam kondisi kurang vit dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen," ujar Pemerhati gaya hidup dr. Grace Judio, dalam Selamat Pagi Indonesia, Jumat 16 Juni 2017.

Grace mengatakan untuk memastikan tubuh tetap prima sebelum mudik, selain suplemen, pemudik juga perlu memerhatikan asupan vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari buah dan sayur. Jangan lupa pula untuk menghidrasi tubuh dengan minimal minum sebanyak 8 gelas air per hari.

"Apalagi kalau puasa, setidaknya harus masuk 8 gelas air sehari. Bisa berupa air, jus atau sup. 8 gelas itu bisa dicicil dari buka sampai sahur," sarannya.

Bicara mudik tentu tak lepas pula dari stamina. Ketika tubuh mudah sakit atau mudah lelah, Grace menduga bahwa orang tersebut kurang mengonsumsi protein saat buka maupun sahur sebelumnya.

Padahal protein merupakan zat gizi yang berguna untuk membangun tubuh, menjaga stamina bahkan membuat darah dengan baik. 

"Jadi jangan lupa masukkan protein dalam makanan kita. Pastikan setiap makan ada sumber energi dari karbohidrat, protein untuk membangun tubuh serta sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral," jelasnya.




(MEL)