Olahraga Boleh Dilakukan Saat Puasa

   •    30 Mei 2017 16:10 WIB
ramadan 2017
Olahraga Boleh Dilakukan Saat Puasa
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Metrotvnews.com, Jakarta: Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Banyak dari mereka yang berpuasa tetap melakukan aktivitas seperti biasa bahkan berolahraga.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Zairida Noor mengatakan dari kacamata medis olahraga saat berpuasa memang tidak dilarang. Tetapi memang intensitasnya tidak terlalu berat dan dilakukan di waktu yang tepat.

"Yang terbaik untuk amannya mendekati waktu berbuka. Ini untuk menghindari kekurangan cadangan energi dalam arti kadar gula darah kita drop," ujarnya, dalam Metro Plus, Selasa 30 Mei 2017.

Zairida memang menyarankan agar olahraga dilakukan pada waktu menjelang berbuka puasa. Pemilihan waktu ini tak lain agar ketika banyak energi yang terbuang saat olahraga dapat segera dikembalikan ketika berbuka.

"Jadi paling tidak sekitar satu jam sebelum berbuka, olahraganya dengan intensitas sedang. Jadi jangan work out yang berat," jelasnya.

Baca juga: Tetap Bugar Selama Puasa

Sementara itu, melansir berbagai sumber, ada beberapa jenis olah raga ringan yang bisa dilakukan saat berpuasa. Tentu, latihan fisik ini tidak membuang energi dan tetap menyehatkan. Di antaranya, jogging atau treadmil ringan, bersepeda, yoga atau naik turun tangga.




(MEL)