Cara Agar Tetap Terhidrasi Selama Ramadan Tanpa Minum

Meilikhah    •    15 Juni 2016 13:30 WIB
ramadan 2016
Cara Agar Tetap Terhidrasi Selama Ramadan Tanpa Minum
Ilustrasi. Foto: plus.google.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain mengonsumsi air putih ternyata ada beberapa cara lain untuk membuat tubuh tetap terhidrasi selama Ramadan. Ada banyak makanan yang mengandung air yang bisa kita konsumsi untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari. Berikut daftarnya;

1. Semangka
Buah semangka terdiri dari 92 persen air dan 8 persen buah. Kandungan dalam semangka di antaranya garam, kalsium, dan magnesium, yang merupakan komponen sempurna untuk membuat tubuh terhidrasi selama puasa.

2. Susu
Kita semua tahu bahwa susu merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan kalsium. Susu rendah lemak atau susu cokelat dapat membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

3. Sup sebagai menu berbuka puasa
Mengonsumsi sup sebagai menu utama berbuka puasa merupakan salah satu cara untuk meningkatkan asupan energi dan air yang akan membuat puasa di hari berikutnya tak terlalu berat.

4. Smoothie
Beberapa buah dengan kandungan air tinggi, seperti jeruk, semangka, apel, nanas, dan buah persik cocok untuk dibuat smoothie. Tambahkan yoghurt atau susu saat membuatnya. Hal ini akan membuat anda terhidrasi lebih lama.

5. Hindari makanan asin
Makanan asin akan mendehidrasi tubuh dan tidak dianjurkan jika kita menjalankan puasa selama belasan jam. Tubuh hanya memerlukan sedikit saja garam untuk dosis harian. Agar tubuh tetap mampu menyimpan cadangan air, hindari makanan yang digoreng atau asin berlebihan. Ganti menu dengan air kelapa atau irisan apel.

6. Jangan terlalu sering mencuci wajah
Mencuci wajah terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering dan menguras minyak esensial dalam lapisan kulit yang bisa menyebabkan dehidrasi. Jika anda sudah terbiasa sering mencuci wajah, pastikan untuk mengaplikasikan pelembab agar kulit tidak kering. (Gulfnews)



(MEL)