Semangka Ice Pop, Segar untuk Berbuka Puasa

Lukman Diah Sari    •    09 Juni 2016 11:11 WIB
ramadan 2016
Semangka <i>Ice Pop</i>, Segar untuk Berbuka Puasa
Semangka Ice Pop. (ourbites)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah berpuasa sehari penuh, tubuh pasti kehilangan banyak cairan. Menjelang waktu berbuka, sejumlah menu minuman menyegarkan pun muncul di kepala. Tapi, pernahkah mencoba semangka ice pop

Buah yang memiliki banyak kandungan air ini, bisa menghilangkan rasa haus usai sehari berpuasa. Selain itu, warna merahnya yang menarik dan rasa manisnya niscaya bisa melegakan tenggorokan. 

Cukup mudah mengolah semangka menjadi  ice pop. Siapkan semangka, kemudian keruk daging semangka. Jika telah siap, segera haluskan semangka menggunakan juicer atau blender. Semangka sudah mengandung gula alami, sehingga sudah manis tanpa perlu diberi tambahan gula.

Bila semangka telah halus, siapkan cetakan es loli. Masukan seluruh semangka yang telah menjadi jus ke dalam cetakan, dan segera simpan di freezer. Tiba waktunya berbuka, es loli semangka yang telah membeku siap disajikan dan menjadi pembuka yang manis. Ingin lebih segar dan bermanfaat, bisa ditambahkan perasan lemon ke dalam jus semangka sebelum dicetak dalam cetakan es. 

Buah yang memiliki nama latin Citrullus Lanatus ini memiliki banyak gizi dan nutrisi. Dalam satu buah semangka terdiri dari 91 persen air dan 6 persen gula. Semangka mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A, B1, B6, dan vitamin C. 

Dilansir dari Boldsky, tak hanya daging buahnya tapi biji semangka pun berkhasiat. Biji semangka bisa meningkatkan imunitas tubuh lantaran kandungan magnesium dalam biji semangka, menunda penuaan karea mengandun antioksidan, mencegah hipertensi, mencegah diabetes, mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan libido pada pria lantaran mengandung likopen dan tioksidan. 


(LDS)