Tips Mudik Aman Lewat Jalur Tol Fungsional

Nur Azizah    •    23 Juni 2017 05:31 WIB
mudik lebaran 2017
Tips Mudik Aman Lewat Jalur Tol Fungsional
Debu mengganggu jarak pandang pemudik yang melintas di tol fungsional Brebes-Weleri. (Foto: MI/Ramdani).

Metrotvnews.com, Jakarta: Jalur tol fungsional Brebes-Weleri belum selesai sempurna. Harus ekstra hati-hati bila ingin melintasi jalur sepanjang 110 kilometer (km) itu.

Kondisi jalan tol fungsional masih berdebu, bergelombang, minim rambu jalan dan minim penerangan.

Instruktur Safety Riding, Didi Hardianto memberikan tips mudik agar aman melewati alur tol fungsional.

Tips pertama dimulai dari kondisi pengendara. Didi menuturkan, pengendara harus duduk dengan rileks, sebab jarak jalan yang panjang cepat membuat lelah.

"Posisi tangan bisa di jarum jam 9 dan 3 atau jam 10 dan 2. Sementara kaki harus berada di foot rest,” ujar Didi dalam program Primetime News Metro TV, Jakarta, Kamis 22 Juni 2017.

Pengaturan tempat duduk pun tidak boleh terlalu dekat agar jarak pandang lebih jauh ke depan. Cara ini ampuh mengantisipasi tabrakan beruntun.

"Biar pengendara sigap. Setidaknya jarak pandang 200 meter agar kalau ada kecelakaan di depan kita bisa menghindar. Biasanya kita hanya bisa melihat satu kendaraan dari depan saja,” ungkap Didi.

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan pengendara adalah kondisi ban mobil. Sebab, ban menjadi satu-satunya bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan.

"Tekanan dan tahun produksi ban juga harus diperhatikan," pungkasnya.

Seperti diketahui, tol fungsional Brebes-Weleri ditargetkan akan selesai pada 2019 mendatang. Namun tol ini sengaja difungsikan pada arus mudik untuk memecah kemacetan di jalur Pantura.

 


(HUS)