Alasan Pemerintah Menambah Cuti Bersama

Achmad Zulfikar Fazli    •    15 Juni 2017 19:06 WIB
mudik lebaran 2017
Alasan Pemerintah Menambah Cuti Bersama
Mensesneg Pramono Anung. Foto: MI/Ramdani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menambah waktu cuti bersama bagi pegawai negeri sipil (PNS) melalui Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama Tahun 2017. Penambahan ini tak lain agar PNS tidak membolos selepas libur Hari Raya Idulfitri 1438 H.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, cuti bersama akan jatuh pada 23 Juni, 27 Juni, 28 Juni, 29 Juni dan 30 Juni. Sedangkan, libur lebaran tak masuk dihitung bagian dari cuti.

"Kenapa ini diatur? Supaya tak ada lagi PNS yang tidak masuk kerja dengan alasan persoalan transportasi dan sebagainya," kata Pramono di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

Pemerintah tak akan main-main. PNS yang tak masuk kerja melebih waktu cuti bersama akan dihukum tegas. "Kalau dari tanggal 23 sampai dengan 30 kemudian nambah ya PNS akan diberikan sanksi berat karena ini diatur detail mengenai cuti bersama," ucap dia.

Selain itu, kata Pramono, penambahan cuti bersama ini juga harapannya ada distribusi ekonomi ke daerah pada Idulfitri. Langkah itu juga untuk memberikan kesempatan PNS untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman masing-masing.


(OGI)