Ramadan adalah tentang Kerendahan Hati dan Berbagi

Meilikhah    •    10 Juni 2016 11:26 WIB
ramadan 2016
Ramadan adalah tentang Kerendahan Hati dan Berbagi
Ilustrasi berbagi Ramadan. (Foto: Dailysabah)

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Bagi Ilmunnisa Hussain, keluarga ekspatriat Sri Lanka yang kini tinggal di Uni Emirat Arab, Ramadan adalah tentang kerendahan hati dan saling berbuat baik antara satu sama lain.

"Ada kesempatan khusus untuk berhubungan dengan Tuhan melalui doa dan ibadah. Tapi juga ada saat harus berhubungan dengan keluarga dan teman-teman. Kapan lagi anda dapat berbagi ikatan dengan orang lain hanya dengan berbagi pengalaman bersama saat berpuasa dan beribadah," kata Hussain, melansir Gulfnews, Jumat (10/6/2016).

Hussain yang lahir di Uni Emirat Arab mengatakan, ada keistimewaan sendiri saat Ramadan. Terutama soal pekerjaan. Jam kerja yang lebih pendek memungkinkan dirinya untuk meningkatkan ibadah. Peningkatan suhu udara dan cuaca panas tahun ini, tak membuat Hussain khawatir untuk tetap berpuasa.

"Di UAE, kebanyakan dari kita bekerja di dalam ruangan. Jadi panas sama sekali tidak mengganggu puasa kita," katanya.

Hussain mengaku bersama keluarganya selalu menyempatkan untuk berbagi dengan masyarakat selama bulan Ramadan. Dia sering menyumbangkan makanan ke masjid untuk orang yang kurang beruntung. 

"Kami juga sering ke Sri Lanka untuk memberikan bantuan pakaian dan barang-barang lainnya kepada masyarakat. Ini kami lakukan setelah banjir di Sri Lanka menyebabkan warganya menjadi tuna wisma dan tak punya uang," katanya.

Hussain mengatakan sudah 23 tahun keluarganya tinggal di UEA, sehingga menu makanan khas UAE seperti biji-bijian dan hidangan berbasis daging menjadi makanan utama saat berbuka puasa. 

"Kadang-kadang kami juga menikmati makanan cepat saji dan biryani karena akses mendapatkan makanan di UAE sangat mudah. Sementara, makanan yang kami siapkan untu berbuka puasa di Sri Lanka kebanyakan kami buat sendiri," ungkapnya. 


(MEL)