SPBU Masih Jadi Tempat Istirahat Favorit Pemudik

Nurul Hidayat    •    10 Juli 2016 11:04 WIB
arus balik
SPBU Masih Jadi Tempat Istirahat Favorit Pemudik
SPBU Pantura. (Ilustrasi ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Metrotvnews.com, Jombang: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) masih menjadi tempat favorit sebagai tempat istirahat bagi pengendara saat menempuh perjalanan arus mudik maupun balik Lebaran 2016. 

Di sepanjang jalur nasional Surabaya - Madiun yang melintasi Kabupaten Jombang, Jawa Timur sejumlah SPBU selalu ramai pemudik. Selain memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan, mereka juga mengaku lebih gemar beristirahat di area SPBU dibanding pos kepolisian maupun sponsor.

"Tempatnya luas, biasanya bisa tidur pas ketika mata ngantuk. Jika harus mencari rest area di tempat lain malah gak ketemu padahal badan sudah lelah," kata salah satu pemudik Masduqi saat ditemui Metrotvnews.com di SPBU yang berada di Kecamatan Gambiran Jombang, Minggu (10/7/2016).


Sejumlah pengendara menyempatkan diri untuk beristirahat di area SPBU/Nurul Hidayat

Masduqi juga mengatakan salah satu keunggulan SPBU mengapa layak dijadikan tempat peristirahatan adalah karena keberadaan fasilitasnya yang lengkap, mulai dari kamar mandi bahkan terkadang hingga jaringan internet.

"Di rest area biasa jarang ditemui kamar mandi, namun di SPBU ada fasilitas tersebut. Terkadang kita temui wifi gratis dan bisa menggunakan smartphone untuk mengecek jalur alternatif dan situasi arus lalu lintas terkini agar tidak terjebak kemacetan," kata dia.


Sepeda motor milik pemudik terparkir di area SPBU/Nurul Hidayat

Hal serupa dirasakan salah satu pemudik asal Nganjuk Saiful Maarif. Dia bahkan memilih SPBU untuk rest area karena dianggap lebih efisien. 

"Kita bisa mengisi bahan bakar motor sekaligus beristirahat, daripada nanti dua kali kerjaan," kata Saiful.


(SBH)