Libur Lebaran, Ribuan Pengendara Roda Dua di Garut Terjebak Macet

Latief Rochyana    •    09 Juli 2016 20:37 WIB
lebaran 2016
Libur Lebaran, Ribuan Pengendara Roda Dua di Garut Terjebak Macet
Ribuan pesepeda motor terjebak kemacetan di KM 120 dari arah Bandung menuju pantai Santolo dan pantai Rancabuaya Garut, Sabtu (9/7/2016)/MTVN/Latief Rochyana

Metrotvnews.com, Garut: Banyaknya wisatawan asal Bandung dan sempitnya badan jalan menuju Pantai Selatan Garut, Jawa Barat menimbulkan kemacetan di beberapa titik. Salah satunya seperti yang terjadi di KM 120 dari arah Bandung menuju pantai Santolo dan pantai Rancabuaya, tepatnya di kampung Cilayu Kecamatan Caringin Kabupaten Garut. 

Salah satu pengunjung asal Bandung Ramdan mengaku terpaksa menunggu berjam-jam lantaran antrean cukup panjang menjebak ribuan pengendara roda dua ke arah tujuan yang sama.

"Sudah lebih dari dua jam saya di sini, karena jika dipaksakan pun tak bisa jalan," kata dia, Sabtu (9/7/2016).

Selain badan jalan yang sempit, kanan kiri jalan yang masih berupa jurang menjadikannya sulit untuk mencari jalan alternatif.

"Kalau jalannya lebar mungkin tak akan macet seperti ini," kata Ramdan.

Seorang wisatawan asal Dayeuh Kolot Bandung Rafi mengatakan pilihannya menggunakan sepeda motor untuk menuju Pantai Selatan karena dianggap bisa lebih meminimalisir pengeluaran. Ia tak menyangka, jika di tengah perjalanan harus terjebak kemacetan yang begitu panjang.

"Tujuan awalnya sih biar bisa menikmati langsung keindahan daerah selatan Garut, tapi macet, juga tidak ada pengamanan petugas," kata dia.


(SBH)