Berwisata Alam di Hutan Pinus Mangunan

Surya Perkasa    •    29 Juni 2017 09:57 WIB
libur panjang
Berwisata Alam di Hutan Pinus Mangunan
Jejeran pohon pinus di Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Yogyakarta, menjadi lokasi wisata yang eksotis. Foto-foto: Metrotvnews.com/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Wisata alam menjadi tren baru di Indonesia. Salah satu tujuan wisata teranyar saat ini ada di kawasan Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Yogyakarta.

Pohon pinus menjulang dan tersusun rapi. Ratusan hingga ribuan pelancong terlihat bercengkerama dengan orang dekatnya di bawah pohon rindang nan asri.

Sebagian terlihat berswafoto di tepi tebing dengan panorama perbukitan hutan lindung yang terhampar luas. Suasana semakin romantis karena di tengah hutan terdapat taman bunga.

Salah satu kegiatan yang tak lupa dilakukan yakni berfoto santai menggunakan hammock yang tersusun bertingkat. Ini membuat destinasi wisata hutan pinus menjadi banyak perbincangan di media sosial.

"Ya, kita datang sekeluarga karena memang lagi hits," kata Sela, salah satu pengunjung.

Hammock bertingkat

Berdasarkan pengakuan pihak pengelola, ada wisatawan mancanegara yang sengaja datang hanya untuk mengabadikan momen tersebut.

Primadona baru

Berusia tak genap tiga tahun, destinasi wisata ini menjadi primadona baru di kawasan Jawa Tengah. Kawasan ini bahkan bisa dikunjungi hingga 9.000 pengunjung.

"Pada hari libur jumlah pengunjung bisa sampai 7.000. Bahkan libur Lebaran kali ini mencapai 9.600 pengunjung di hari kedua setelah lebaran," kata Sekretaris Hutan Pinus Mangunan Totok Haryanto saat berbincang dengan Metrotvnews.com.

Tak hanya hutan pinus, beragam titik wisata lain juga tersedia di atas lahan 29 hektare dari total 500 hektar kawasan hutan lindung. Seluruh kawasan wisata alam ini dikelola masyarakat lokal yang tergabung dalam Koperasi Notowono.

"Tiap titik dikelola oleh kelompok operator yang berbeda yang berada di bawah koperasi," kata Totok.

Berwisata di kawasan Hutan Pinus Mangunan ini pun hemat biaya. Cukup merogoh kocek Rp2.500 untuk uang masuk, ditambah Rp10.000 untuk sewa hammock sepanjang hari, foto apik bergaya asik dapat dimiliki.

 


(UWA)