Menunggu Azan Magrib di Setu Patok Cirebon

Ahmad Rofahan    •    04 Juni 2018 16:52 WIB
wisata
Menunggu Azan Magrib di Setu Patok Cirebon
Pengunjung menikmati keindahan Danau Setu Patok Cirebon, Medcom.id - Rofahan

Cirebon: Mencari tempat buat ngabuburit di Cirebon, tidaklah sulit. Cukup banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat menunggu magrib. Selain karena banyaknya tempat-tempat yang bersejarah, beberapa wisata alam yang bisa diakses secara gratis di Cirebon, Jawa Barat, juga cukup banyak. Salah satunya adalah Setu Patok.

Danau dengan luas 175 hektare ini, menjadi salah satu tempat favorit untuk ngabuburit. Tak perlu membayar uang sepeser pun tapi pengunjung sudah mendapat suguhan pemandangan cukup menakjubkan. Bentangan air cukup luas. Di tengah setu juga terdapat bukit yang menarik untuk dijadikan objek foto.

Jika cuaca sedang mendukung dan cerah, para pengunjung juga bisa melihat pemandangan Gunung Ciremai dengan cukup indah. Gunung tertinggi di Jawa Barat itu menjadi spot andalan tersendiri untuk diabadikan saat melakukan ngabuburit.

Setu Patok berada di Desa Setu Patok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, sekitar lima kilometer dari pusat Kota Cirebon. Untuk menuju ke lokasi ini, warga harus menuju perbatasan antara Kota dan Kabupaten Cirebon, tepatnya di Kecamatan Mundu. Setelah itu, harus masuk ke jalan desa sejauh dua kilometer.

Umi Hani, salah satu pengunjung mengaku senang bisa berkunjung ke setu patok. Ia awalnya hanya bisa melihat lewat media sosial terkait keindahan setu patok ini. Ia bersama suaminya, datang untuk melihat secara langsung keindahan Setu Patok sekaligus menunggu maghrib.

“Sekalian menunggu magrib jadi ke sini, ternyata indah sekali,” kata Hani

Menurutnya, Setu Patok layak untuk disejajarkan dengan tempat wisata lainnya, namun sayangnya tidak dikelola dengan baik. Jika fasilitas penunjang lainnya bisa disediakan dilokasi ini, ia yakin, setu patok bakal menjelma menjadi salah satu objek wisata jujugan.

“Sangat bagus, apalagi kalau fasilitasnya ditambah” kata Hani.

Begitu juga Asep, kedatangannya ke Setu Patok, bukan hanya sekadar ngabuburit. Ia juga seklaigus menyalurkan kegemarannya dalam bidang fotografi. Ia mengambil gambar sejumlah penjuru setu patok yang cukup indah dipandang. Asep mengaku tidak sekali ini saja datang ke Setu Patok. Indahnya Setu Patok, membuatnya kembali lagi ke lokasi ini.

“Sudah sering kesini, biasanya cuma abli gambar saja. Terus nanti dimasukkan ke instagram,” kata Asep.


(RRN)