Dubes Pakistan Nyaman Jalani Bulan Ramadan di Indonesia

Sonya Michaella    •    28 Juni 2016 08:46 WIB
indonesia-pakistan
Dubes Pakistan Nyaman Jalani Bulan Ramadan di Indonesia
Duta Besar Pakistan untuk Indonesia, Muhammad Aqil Nadeem (Foto: Sonya/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Suasana Ramadan di Pakistan tak berbeda jauh dengan di Indonesia. Hal itu lah yang membuat Duta Besar Pakistan untuk Indonesia, Muhammad Aqil Nadeem nyaman ketika ditugaskan di Indonesia saat ini.

"Sebagian besar sama, tak ada yang berbeda dari Pakistan dan Indonesia saat Ramadan dan Idul Fitri. Mungkin karena Indonesia dan Pakistan sama-sama negara dengan mayoritas Muslim. Di Pakistan, 95 persen penduduknya menganut agama Islam," ujar Dubes Aqil di Kedutaan Besar Pakistan, kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 27 Juni.

Ramadan di Pakistan, kata dia, warga Pakistan juga pergi tarawih. Bedanya, wanita di Pakistan tak pergi tarawih. "Hanya itu yang membedakan dua negara," lanjutnya lagi.

Puasa di Pakistan di saat musim panas seperti sekarang dirasa agak berat, karena suhu di Pakistan bisa mencapai 48 hingga 49 derajat Celcius.

"Saat ini sedang musim panas di Pakistan. Mungkin agak berat karena cuaca sangat panas sekali dan warga Pakistan harus berpuasa selama 15 jam," imbuh Dubes Aqil.

Saat Idul Fitri, Pakistan pun tak berbeda jauh dari Indonesia. Kota-kota besar sepi karena para warganya kembali atau mudik ke kota asalnya. Libur Lebaran di Pakistan pun hanya dua atau tiga hari.

"Warga Pakistan juga membeli baju dan sepatu baru menjelang Lebaran. Tradisi yang sama dengan Indonesia. Mereka juga memberi uang kepada anak-anak kecil, seperti di Indonesia. Di Pakistan, tradisi memberi uang disebut idi," pungkasnya.
(AHL)