Semangkuk Bakso di Bogor Bisa Dibayar Pakai Hafalan Alquran

Mulvi Muhammad Noor    •    15 Juni 2016 10:13 WIB
ramadan 2016
Semangkuk Bakso di Bogor Bisa Dibayar Pakai Hafalan Alquran
Kedai Bakso Syaithon di Bogor. (Foto: MTVN/Mulvi)

Metrotvnews.com, Bogor: Pengelola sebuah kios bakso di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, punya cara unik dalam menjalankan bisnis. Tak seperti penjual bakso umumnya, di kios ini pembeli bisa mendapatkan semangkuk bakso gratis dengan membaca hafalan ayat suci Alquran.

Bakso Syaiton, itulah nama kios bakso yang terletak di Jalan Ciawi-Puncak, tak jauh dari RSUD Ciawi. Di bulan Ramadan, kedai Bakso Syaiton mulai buka pukul 16.00 WIB hingga tengah malam.

Pengelola Kios Bakso Syaiton, Deny Bachtiar, 32, menuturkan, bakso gratis bisa didapat pembeli jika mampu membacakan ayat Alquran yang diminta. Pembeli dewasa bakal diminta membacakan ayat yang agak sulit, sementara anak-anak cukup dengan surat-surat pendek saja.

"Kalau hafal dan bacaannya benar, kami berikan semangkuk bakso gratis," kata Deny ditemui di kios Bakso Syaiton, Rabu (15/6/2016).

Di Bogor, kios bakso tersebut baru beroperasi sekitar satu tahun. Kios ini merupakan cabang kedua dari kios serupa di daerah Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara.

Deny menuturkan ide bacaan Alquran dicetuskan pemilik kios yakni seorang pria asal Jakarta bernama Hendy Mudrazat. Harapannya, kios bakso tidak hanya menjadi tempat mengais rezeki. Tetapi juga ladang ibadah dan berbagi.

"Harapannya sukses dunia dan akhirat," kata dia.

Selain di bulan Ramadan, bakso gratis dengan hafalan Alquran ini juga diberikan di bulan biasa. Pembeli yang datang, diberikan pilihan apakah membayar dengan uang atau hafalan Alquran.

"Kalau belum bisa juga enggak apa-apa, tapi harus bayar. Satu porsinya Rp12.000," kata Deny.

Lebih lanjut Deny menjelaskan, penamaan Bakso Syaiton berasal dari keprihatinan pemilik kios terhadap banyaknya penjual bakso yang berdukun. Oleh karenanya, kios sengaja diberikan nama 'Syaiton' sebagai sindiran.

"Buat daya tarik juga, terlebih kami punya menu utama bakso pedas. Isinya cabai rawit merah, bisa bikin orang kepedasan atau kesetanan," pungkasnya.


(MEL)