Manjakan Diri dengan Wisata Bawean Saat Libur Lebaran

   •    01 Juli 2016 22:37 WIB
netizen mudik
Manjakan Diri dengan Wisata Bawean Saat Libur Lebaran
Pulau Bawean/ Sabilus Solah

PULAU Bawean adalah gugusan pulau-pulau kecil Laut Jawa yang memiliki potensi wisata indah. Pulau terpencil dengan luas wilayah sekitar 80 mil atau 120 Km² itu berada di sebelah utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Tak sedikit orang bilang wisata di Pulau Bawean tak kalah indah dengan wisata di Pulau Bali. Pulau yang dikenal dengan sebutan Boyan itu sering dikunjungi wisatawan, khususnya saat libur panjang seperti Lebaran dan hari-hari libur lainnya.

Di Pulau tersebut, ada banyak potensi wisata yang bisa 'dijual' bagi wisatawan. Di antaranya adalah Pulau Noko, Pulau Gili, Danau Kastoba, Pantai Ria, Pasir Putih, dan masih banyak lainnya.

Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, membenarkan potensi wisata di Bawean masih bagus. Sebab, kata dia, potensi alam di Bawean belum terjamah oleh manusia. 

"Wisata di Bawean memang masih sangat bagus, masih perawan, masih murni, masih perawan tinting. Sehingga layak untuk dikunjungi wisatawan," kata Qosim, beberapa waktu lalu saat menjadi narasumber seminar bertajuk "Pengembangan Wisata Bahari Nusantara" di Surabaya.
 
Menurt Qosim, pesona Pulau Bawean tidak bisa terbantahkan, sejak zaman dulu. Qasim mengaku tak heran jika banyak wisatawan dari mancanegara berkunjunga ke Pulau Bawean. "Saya harap Bawean menjadi pulau wisata dengan kearifan lokal tetap dijaga," ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Disbuparpora) Kabupaten Gresik, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Bawean pada tahun 2010 mencapai 2.291 orang. Namun, jumlah itu menurun pada 2011, menjadi 1.140 wisatawan. 

Kemudian pada 2012, juga menurun menjadi 741 orang. Lalu, pada tahun 2013 kembali naik menjadi 995 orang, dan kemudian naik menjadi 1.692 orang pada 2014. Sedangkan 2015 kembali naik menjadi sekitar 2.331 pengunjung. 

"Untuk itu, kami akan segera membangun infrastruktur di sektor pariwisata, guna menarik kunjungan wisatawan ke Bawean. Kami yakin Bawean tak kalah indah dengan Bali," tandasnya.

Ada dua transportasi untuk bisa menginjakkan kaki di pulau kecil ini. Yakni dengan pesawat perintis dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, atau dengan menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Gresik. 

Tentunya, menggunakan pesawat perintis jauh lebih cepat kebanding menggunakan kapal laut, yakni hanya sekitar 40 menit bisa sampai ke Pulau Bawean. Sedangkan naik kapal, menempuh waktu sekitar 3 hingga 10 jam, tergantung kapal jenis ekonomi atau VIP Express. Biayanya pun cukup ekonomis. Jika naik pesawat butuh biaya sekitar Rp250.000 per penumpang, sedangkan naik kapal sekitar Rp150.000 per penumpang.

‎‎
Sebuah kapal rute Gresik-Bawean di pelabuhan Gresik.

Sesampai di Pulau Bawean, ada sekitar 10 tempat wisata indah yang bisa memanjakan wisatawan yang datang. Lokasi wisata nan eksotis itu di antaranya pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, Pantai Ria, Pasir Putih, Mayangkara, Pulau Gili, Pulau Noko, Selayar, dan Talomon.

Sebut saja Pulau Noko. Pulau ini memiliki keindahan laut yang kerap dikunjungi wisatawan. Pulau kecil ini tak berpenghuni, lokasinya bersebelahan dengan Pulau Gili, sekitar 2,3 km di sisi timur Pulau Bawean.

 Pulau terpencil ini menawarkan pantai dengan hamparan pasir putih seluas kurang lebih 1 kilometer. Bagi anda pecinta olahraga air dan ingin menikmati keindahan bawah laut, Pulau Noko merupakan tujuan yang tepat. Air lautnya yang jernih, cocok bagi wisatawan yang hobi menyelam.


Pesona pulau Bawean

Ahmad Muzayyin, 33, salah satu warga Pulau Bawean, mengatakan pada 2008 lalu, Pulau Noko pernah didatangi turis dari Belanda. Turis tersebut mengaku melakukan penelitian di pulau tersebut. 

"Dulu memang ada turis dari Belanda untuk penelitian soal wisata. Kata turis itu, keindahan pantai Noko masih natural, bahkan keindahan panoramanya bisa menjadikan Pulau Bawean pulau wisata," kata pemuda asal Desa Kepuh Teluk, Kecamatan Tambak, Bawean, itu.

Muzayyin menceritakan, turis itu mengakui keindahan pantai pasir putih di Pulau Bawean dan sekitarnya. Menurutnya, pantai di Pulau Bawean ini setara dengan pantai-pantai di Thailand. Sayangnya, pulau ini tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Panorama di Pulau Bawean memiliki panorama laut indah dan bersih. Bahkan, salah satu iklan di televisi dengan tagline 'My Life My Adventure' memilih lokasi syuting di pulau ini, tepatnya di Pulau Noko pada 2015 silam.

Laporan: Sabilus Solah/Sidoarjo

Naskah ini dikirim oleh warga yang mengikuti program Netizen Mudik Competition Metrotvnews.com. Pemudik yang ingin berpartisipasi dalam program ini dapat mengirimkan liputan melalui WhatsApp aplikasi Peta Mudik



(SBH)