Asyiknya Melihat Kera Sembari Menunggu Magrib Tiba

Ahmad Rofahan    •    19 Juni 2016 16:49 WIB
ramadan 2016
Asyiknya Melihat Kera Sembari Menunggu Magrib Tiba
Seekor kera melintas di kompleks petilasan Sunan Kalijaga, Keluarahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Jawa Barat (Foto: Ahmad Rofahan/Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Cirebon: Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang yang tengah berpuasa guna menepis rasa bosan di saat menunggu azan Magrib berkumandang. Khusus di Cirebon, Jawa Barat, kegiatan yang masyhur disebut ngabuburit ini bisa diisi dengan melihat aksi kocak ratusan kera yang terdapat di kompleks petilasan Sunan Kalijaga di Keluarahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti.

Di tempat ini beberapa kelompok kera akan bergerak kesana-kemari dengan begitu aktraktifnya. Konon, kera-kera ini dipercaya sebagai jelmaan pengikut Sunan Kalijaga yang menyimpang dan tidak menaati aturan syariat. Untuk berkunjung ke tempat wisata alternatif ini, tak perlu pusing, tak ada pungutan karcis masuk atau ongkos jasa parkir karena terletak di tepi jalan, sekurangnya hanya 600 meter dar Terminal Bus Harjamukti.

"Ngabuburit di sini enak, gratis, dan cukup menghibur," ucap salah satu pengunjung Saefudin kepada Metrotvnews.com, Minggu (19/6/2016).


Pengunjung sedang melihat kera di terdapat di kompleks petilasan Sunan Kalijaga di Keluarahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Jawa Barat (Foto: Ahmad Rofahan/Metrotvnews.com)

Jika ingin berinteraksi lebih dekat, pengunjung boleh saja mengeluarkan uang sebesar tiga ribu rupiah untuk membeli sebungkus kacang. Dengan melemparkan kacang tanah ke arah kerumunan kera maka hiburan gratis itu akan menjadi lebih tampak asyik.

"Tidak perlu uang banyak untuk menikmatinya," ujar Saefudin.

Menurut warga setempat, jumlah pengunjung mengalami kenaikan drastis ketika memasuki bulan Ramadan. Biasanya, mereka terdiri dari pasangan muda-mudi, atau para ibu yang ingin menghibur buah hatinya sambil waktu berbuka puasa tiba.


(SBH)