Alasan Berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan

Husen Miftahudin    •    06 Juli 2016 19:29 WIB
lebaran 2016
Alasan Berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan
Pengunjung tengah melihat salah satu koleksi satwa di Taman Margasatwa Ragunan. Foto: Husen Miftahudin/Metrotvnews.com.

Metrotvnews.com, Jakarta: Taman Margasatwa Ragunan menjadi destinasi favorit warga Jakarta ketika masuk masa liburan. Di hari pertama Lebaran tahun ini, jumlah kunjungan warga Jakarta ke Taman Margasatwa Ragunan atau yang lebih dikenal Kebun Binatang Ragunan ini sudah meningkat sekitar lima hingga tujuh persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pusat Informasi Taman Margasatwa Ragunan mencatat, hari pertama Lebaran tahun ini, jumlah kunjungan mencapai sebanyak 29.448 orang. Terjadi peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan catatan total pengunjung hanya sebanyak 28.721 orang.

Salah seorang pengunjung, Rina, 17, mengaku, Ragunan jadi salah satu pilihannya untuk menghabiskan masa libur Lebaran karena biaya masuk yang murah. Meski saat ini telah menggunakan kartu Jakcard untuk masuk ke Kebun Binatang Ragunan, mahasiswa semester awal di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta itu justru merasa dimudahkan.

"Saya beberapa kali ke sini karena murah. Tapi kan sekarang sudah pakai kartu yang harganya Rp30 ribu, itu malah jadi lebih gampang buat ke sini lagi nanti. Kan kartunya juga bisa dipakai buat naik Busway, jadi tinggal masukin (top up) lewat Bank DKI," ujar Rina ditemui di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (6/7/2016).


Sejumlah warga berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan. Foto: Husen Miftahudin/Metrotvnews.com.

Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang menjelaskan, Jakcard merupakan alat bayar untuk masuk ke kawasan wisata Kebun Binatang Ragunan. Selain itu, kartu tersebut juga bisa digunakan sebagai alat bayar parkir kendaraan, beberapa tempat makan di dalam kawasan Kebun Binatang Ragunan, serta wahana satwa berbayar lainnya.

"Mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), kita sekarang sudah gunakan Jakcard sesuai instruksi Pak Gubernur Ahok. Kemudian, kartu Jakcard ini juga bisa digunakan selamanya tanpa batas waktu penggunaan," tegasnya.


Pengunjung melihat salah satu hewan di Taman Margasatwa Ragunan. Foto: Husen Miftahudin/Metrotvnews.com.

Pengunjung lainnya, Deny, 26, mengungkapkan, alasannya berlibur di Kebun Binatang Ragunan karena lokasinya mudah dijangkau. Terletak di wilayah selatan Jakarta, Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang paling dekat bagi warga Jakarta.

"Ragunan letaknya tidak jauh dari rumah saya di Tebet. Jadi gampang juga bawa anak dan keluarga saya ke sini. Tiketnya juga murah, cuma bayar Rp4 ribu buat dewasa dan Rp3 ribu buat anak-anak," pungkas dia.

Taman Margasatwa Ragunan berdiri di atas lahan seluas sekitar 140 hektare (ha). Hinga kini, koleksi satwanya sudah mencapai sebanyak 2.064 ekor dari 220 species. Sementara untuk koleksi tumbuhannya sendiri mencapai sebanyak 19.229 buah.



(AZF)