Berlibur di Pantai Ancol, Waspadai Karang

Lis Pratiwi    •    28 Juni 2017 14:28 WIB
hari raya idul fitri
Berlibur di Pantai Ancol, Waspadai Karang
Pengunjung Pantai Ancol, Rabu 28 Juni 2017. Foto: MTVN/Lis Pratiwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Bersenang-senang di Pantai Ancol, Jakarta Utara, jangan sampai lupa keselamatan diri. Pengunjung harus waspada karena di Pantai Ancol banyak karang.

Pantai Ancol selalu ramai, apalagi saat hari libur. Masyarakat berbagai usia bermain air laut atau sekadar mandi di bibir pantai. Saat asik bermain, yang patut diwaspadai pengunjung antara lain karang.

Andri, petugas posko layanan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) di Pantai Indah Ancol, mengatakan setiap hari mengobati ratusan pengunjung. Rata-rata mengalami lecet akibat karang.

"Waktu tanggal 26 (Juni) itu sampai 200-an orang yang luka, tapi sekarang agak berkurang," kata Andri saat ditemui Metrotvnews.com di sekitar Pantai Ancol, Rabu 28 Juni 2017.



Pengunjung yang lecet kena karang diberi obat tetes dan plester untuk menghindari kontak langsung luka dengan air laut yang kotor. Keluhan lainnya dari pengunjung adalah pusing akibat kepanasan.

Petugas di posko P3K Pantai Ancol hanya menangani luka-luka ringan. Sejauh ini, menurut Andri, tidak ada keluhan berat dari pengunjung.

Posko P3K di Ancol dibuka sejak hari pertama Lebaran hingga Minggu 2 Juli. Satu posko dijaga beberapa orang yang mendapat pelatihan pertolongan pertama.

Pengelola Taman Impian Jaya Ancol selalu menyiapkan posko P3K di momentum tertentu seperti hari libur Lebaran, tahun baru, dan saat libur sekolah. Karena saat itu, pengunjung Ancol dipastikan lebih ramai.


(TRK)