DKI Siapkan Rp15 Juta buat Juara Festival Bedug

Nur Azizah    •    16 Juni 2017 17:07 WIB
ramadan 2017
DKI Siapkan Rp15 Juta buat Juara Festival Bedug
Ilustrasi Fetival Bedug. Foto: Antara/Novrian Arbi

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemprov DKI Jakarta berencana menggelar festival bedug untuk menyambut Idulfitri. Peserta bisa datang dari mana saja, mulai dari tingkat kecamatan, wali kota hingga provinsi.

Asisten Pemerintahan DKI Jakarta Bambang Sugiyono mengatakan, masing-masing kecamatan telah menyiapkan bedug untuk perlombaan. Siapa pun bisa mengikuti acara itu secara gratis.

"Tinggal datang, pukul bedug dengan grupnya. Yang bagus akan jadi juara," kata Bambang di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Juni 2017.

Nantinya, pemenang tingkat kecamatan akan dikirim ke Wali Kota untuk beradu dengan pemenang lainnya. Lalu, kelompok yang keluar sebagai juara pertama di tingkat Wali Kota bisa ikut lomba ke tingkat Provinsi.

"Yang menjadi penilaian itu ada tiga aspek. Pertama, lafaz dan tajwid takbir, kedua, seni pukul bedug, dan terakhir penampilan," terang Bambang.

Hadiah akan diserahkan per wilayah. Sementara pemenang tingkat Provinsi akan mendapatkan hadiah langsung dari Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Juara pertama akan mendapat hadiah Rp15 juta, juara kedua Rp10 juta dan juara ketiga Rp7,5 juta plus kambing. Para finalis yang dikirim dari Wali Kota juga akan mendapatkan hadiah.

"Tapi yang dapat uang pembinaan itu hanya pemenang satu, dua, dan tiga. Nanti ada juga piala bergilir," ujarnya

Bambang menuturkan, hadiah berasal dari dana operasional gubernur. "Dananya enggak ada. Itu dari gubernur semua," tambah dia.

Selain untuk memeriahkan malam takbiran, festival bedug juga untuk memperingati hari ulang tahun Jakarta yang ke-490. Festival ini akan digelar di halaman Balai Kota Jakarta dan terbuka untuk masyarakat umum.


(MBM)