Warga Manfaatkan Kemacetan Pintu Tol Brebes dengan Berjualan

Kuntoro Tayubi    •    03 Juli 2016 19:28 WIB
mudik 2016
Warga Manfaatkan Kemacetan Pintu Tol Brebes dengan Berjualan
Sejumlah pedagang menjajakan minuman bagi pemudik yang terjebak macet di pintu keluar Tol Brebes, Jawa Tengah (Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Warga memanfaatkan antrean panjang kendaraan di pintu keluar Tol Brebes, Jawa Tengah, dengan berjualan makanan kecil dan minuman. Pedagang asongan maupun pedagang kaki lima dadakan muncul sejak Sabtu sore 2 Juli.

Para pedagang juga masuk ke area yang seharusnya terlarang bagi pejalan kaki. Namun situasi kemacetan yang terjadi membuat mereka tidak mengindahkan aturan itu.

Bahkan beberapa anak kecil ikut memanfaatkan masa liburan dengan ikut membantu orangtua mereka berjualan di Tol Trans Jawa itu.

Marisa Nurijati, siswi Kelas 4 SD, mengaku senang ikut membantu ibunya menjual air minum mineral dan jajanan untuk para pemudik. Sesekali ia mengeluarkan suara lantang saat menawarkan air minum dan jajanan pada pemudik.

"Senang ikut ramai-ramai bantu ibu. Air minumannya banyak yang laku terjual," kata Marisa saat ditemui Metrotvnews.com di lokasi, Minggu (3/7/2016).

Ada juga Risma, siswi Kelas 2 SD yang ikut berjualan. Orangtua Risma, Sini, 40, mengaku memanfaatkan kemacetan panjang di jalur pintu luar Brebes Timur untuk menambah pendapatan jelang Lebaran. Warga Wangandalem, Brebes, itu menyediakan kopi untuk para pemudik agar tidak mengantuk.

"Awalnya ikut-ikutan saja. Ternyata lumayan juga. Banyak yang laku," kata Sini yang mengaku baru berjualan dalam dua hari ini.


(TTD)