Monas Digandrungi Pengunjung Luar Pulau Jawa

Annisa ayu artanti    •    28 Juni 2017 14:38 WIB
hari raya idul fitri
Monas Digandrungi Pengunjung Luar Pulau Jawa
Suasana Monas selama libur Lebaran. Foto: MTVN/Annisa Ayu Artanti.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengunjung mulai memadati Monumen Nasional (Monas) pada 08.00 WIB. Tidak hanya yang berasal dari DKI Jakarta dan sekitarnya, beberapa pengunjung datang dari luar Pulau Jawa.

Salah satu yang ditemui Metrotvnews.com adalah Daunah dan Nancy dari Palembang, Sumatera Selatan. Nenek dan cucu ini sedang melihat diorama-diorama yang menceritakan sejarah Indonesia di masa lampau. 

"Spesial ke Monas sekalian mengunjungin keluarga," kata Daunah kepada Metrotvnews.com di Ruang Diorama Monas Jakarta Pusat, Rabu 28 Juni 2017.

Daunah mengatakan, sudah banyak perubahan yang terjadi sejak terakhir kali ke Monas pada 1979. Ada fasilitas-fasilitas baru sampai penambahan patung-patung pahlawan di sekitar taman Monas. 

Menurut dia, wisata ke Monas, selain murah meriah, sekaligus mengajarkan cucunya tentang sejarah Indonesia.  "Karena untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur di medan perang," ucap Daunah. "Biar tambah pengetahuan," kata Nancy siswa kelas 6 SD tersebut.

Senada dengan Daunah dan Nancy, Eda yang berasal dari Nabire, Papua, juga tertarik dengan sejarah Indonesia yang ditampilkan di Monas. Dia pun sengaja membawa anak-anaknya untuk berkunjung ke Monas. 


Diorama di Monas yang menggambarkan sejarah Indonesia. Foto: MTVN/Annisa Ayu Artanti.

"Baru pertama kali membawa anak-anak ke sini jadi mereka juga menyaksikan salah hal bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu Tugu Monas," ujar Eda.

Eda mengatakan, alasan mengunjungi Monas karena letaknya strategis di tengah Jakarta. Dia mendapat libur panjang dari Pemerintah Daerah Papua sehingga dapat memboyong 11 anggota keluarganya ke Jakarta.

"Berlibur sama anak-anak kebetulan dapat libur panjang dari Pemda kami sekeluarga bersama orang tua ini," tutur Eda.


(OGI)