Lalin Sekitar Ragunan, TMII, dan Kota Tua Padat tapi Masih Lancar

Tri Kurniawan    •    28 Juni 2017 12:25 WIB
hari raya idul fitri
Lalin Sekitar Ragunan, TMII, dan Kota Tua Padat tapi Masih Lancar
Polisi mengatur lalu lintas di sekitar TMII. Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya

Metrotvnews.com, Jakarta: Tempat wisata di Jakarta, Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kota Tua, mulai ramai pengunjung sejak pagi, Rabu 28 Juni 2017. Arus lalu lintas di sekitar tiga tempat itu padat, tapi sejauh ini masih lancar.

Berdasarkan foto yang diunggah di Twitter TMC Polda Metro Jaya, masyarakat terus berdatangan ke kawasan Kota Tua di Jakarta Barat. Konsentrasi pengunjung di lapangan depan Museum Fatahillah.


Suasana di Kota Tua pagi tadi. Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya

Polisi hadir di beberapa titik untuk mengatur lalu lintas dan menjaga keamanan. Polisi juga mendirikan pos pengamanan di sekitar Kota Tua. Masyarakat yang mengalami masalah silakan melapor ke pos polisi.

Kawasan Kota Tua menjadi langganan masyarakat untuk berlibur. Objek wisata di sekitar Kota Tua antara lain Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, dan kawasan pecinan.

Transportasi umum menuju Kota Tua ada kereta api, TransJakarta, dan angkutan kota. Lapar, jangan bingung, karena di sekitar Kota Tua banyak pedagang makanan. Ada juga Cafe Batavia yang posisinya menghadap Museum Fatahillah.

Taman Margasatwa Ragunan atau dikenal Kebun Binatang Ragunan juga jadi sasaran saat hari libur. Kemarin, pengunjung Ragunan lebih dari 60 ribu.

Hari ini, keramaian di Ragunan dan kondisi arus lalu lintas di sekitar kawasan ini mungkin tidak jauh berbeda dengan kemarin. Informasi dari TMC, hingga sekitar pukul 10.00 WIB, pengunjung Ragunan sudah lebih dari 27 ribu.

Kendaraan yang parkir di Ragunan; bus atau truk sebanyak 42 unit, mobil 1.924 unit, sepeda motor 4.286 unit, dan sepeda delapan unit.




Arus lalu lintas di sekitar kawasan Ragunan padat. Polisi merekayasa lalu lintas di perempatan Kementerian Pertanian agar kendaraan tidak menumpuk di jalan menuju Kebun Binatang Ragunan.

Ada apa di Ragunan? Tempat wisata ini cocok untuk keluarga. Anda bisa melihat beragam jenis binatang di sini yang jumlahnya ribuan. Banyak pengunjung yang membekali diri dengan tikar untuk bersantai di bawah pohon.

Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, hari ini, juga masih diminati masyarakat. Sekitar pukul 11.00 WIB, pengelola harus mengalihkan pengunjung masuk melalui pintu tiga, karena kondisi di pintu satu sudah padat.

Polisi siaga di beberapa titik, terutama di perempatan menuju pintu utama Taman Mini. Di sini salah satu titik rawan macet, karena pertemuan lalu lintas dari arah Pasar Rebo, Cilangkap, dan Kramatjati.

Di Taman Mini, masyarakat bisa melihat banyak kebudayaan dari seluruh Indonesia, seperti rumah adat, pakaian adat. Ada juga kereta gantung, Teater IMAX Keong Mas, dan Teater Tanah Airku.


(TRK)