Kolak, Gorengan Hidangan Buka Puasa Favorit Dubes Inggris

Sonya Michaella    •    21 Juni 2016 02:09 WIB
ramadan 2016
Kolak, Gorengan Hidangan Buka Puasa Favorit Dubes Inggris
Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik mengatakan ada beberapa perbedaan saat berpuasa di Inggris dan di Indonesia. Tahun ini adalah kali kedua dirinya menjalankan ibadah puasa di Indonesia.
 
"Waktu berpuasa di Indonesia lebih pendek, hanya 13 jam. Kalau di Inggris bisa 19 hingga 20 jam. Tahun ini pun saya akan merayakan hari raya Idul Fitri di Indonesia, beberapa teman mengatakan Idul Fitri di sini sepi karena jalanan tidak macet," katanya sambil tertawa ketika ditemui di Kedutaan Besar Inggris, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2016).
 
Tahun lalu, ia merayakan Idul Fitri di rumahnya di London. Dubes Moazzam pun mengakui ia merindukan sanak saudaranya yang berada di London.
 
"Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dengan orang-orang dekat. Tentu saya rindu saudara, ibu, dan adik-adik saya. Anak sulung saya juga masih di Inggris," lanjutnya.


Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik saat acara buka puasa di Kedutaan Inggris (Foto: MTVN)  
 
Dubes Moazzam juga menceritakan bagaimana indahnya toleransi di Inggris, terutama London dan kota-kota besar lainnya. Sekitar 10 persen umat Muslim bermukim di London. Ia menambahkan perusahaan-perusahaan di London juga sangat bertoleransi kepada para karyawannya.
 
"Perusahaan-perusahaan di London memberikan kelonggaraan saat bulan Ramadan dan Idul Fitri. Mereka dengan senang hati memperbolehkan karyawannya yang berpuasa untuk pulang terlebih dahulu agar bisa buka puasa di rumah," imbuhnya.
 
Toleransi dan tak adanya diskriminasi di London bagi umat Muslim yang memang masih minoritas di sana dibuktikan dengan terpilihnya Wali Kota London yang baru, Sadiq Khan yang beragama Islam dan keturunan Pakistan.
 
Selain itu, Dubes Moazzam pun bercerita tentang makanan kegemarannya saat berpuasa di Indonesia. "Saya suka sekali kolak pisang, saya makan kolak pisang saat berbuka puasa dengan Pak Habibie. Gorengan juga saya suka, tapi harus pakai cabai yang pedas," pungkasnya sambil tertawa.



(FJR)