10 Ribu Orang Dilarang Naik ke Puncak Monas

Juven Martua Sitompul    •    27 Juni 2017 17:20 WIB
hari raya idul fitri
10 Ribu Orang Dilarang Naik ke Puncak Monas
Warga antre menuju puncak tugu Monas, Selasa 27 Juni 2017. Foto: MTVN/Juven MS

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah pengunjung Monumen Nasional (Monas) terus meningkat. Sampai saat ini tercatat sudah 12 ribu pengunjung masuk ke Tugu Monas.

"Saya prediksi yang masuk ke tugu ada 12 ribu," kata Kepala Pengelola Kawasan Monas Sabdo Kurnianto saat ditemui Metrotvnews.com di kantornya di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 27 Juni 2017.

Dari 12 ribu, hanya 2 ribu pengunjung yang diperbolehkan baik ke puncak Monas. Selebihnya, dipersilakan menikmati wisata lainnya seperti museum dan taman hijau di area Monas.

"Kalau buat ke atas kami kasih kuota cuma 2 ribu, yang lain cuma boleh di bawah saja, masuk ke cawan, pelataran, dan museum," ujarnya.

Sabdo beralasan, pembatasan jumlah pengunjung naik ke puncak Monas demi keamaanan. Pengelola tidak ingin memaksakan kapasitas lift.

Lift akan dihentikan dari pukul 16.00 WIB dan kembali beroperasi pukul 19.00 WIB. Untuk malam, pengelola hanya mengizinkan 500 pengunjung naik ke puncak Monas.

"Seperti anda lari punya kemampuan cuma 5 kilogram dipaksa sampai 10 kilo, kan tidak baik. Jadi kami batasi cuma 2 ribu," pungkas Sabdo.


(TRK)